DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH RETURN ON EQUITY (ROE), NET PROFIT MARGIN (NPM), PRICE EARNING RATIO(PER), EARNING PER SHARE(EPS), DAN BI RATE TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN-PERUSAHAAN LQ 45 SEKTOR CONSUMER DI BURSA EFEK INDONESIA (Periode 2015-2018)
PENGARANG:MUHAMMAD ZAID SHOLIHIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-05-28


ABSTRAK

            Muhammad Zaid Sholihin, D1A215060, 2020, Pengaruh Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM), Price Earning Ratio (PER), Earning Per Share (EPS), dan BI Rate Terhadap Harga Saham Perusahaan-Perusahaan LQ45 Sektor Consumer di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018 dibawah bimbingan Sugiharto.

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh ROE, NPM, PER, EPS, dan BI Rate Terhadap Harga Saham Perusahaan-Perusahaan LQ45 Sektor Consumer di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018. Objek pada penelitian ini dilakukan pada perusahaan-perusahaan yang masuk dalam indeks LQ45 sektor Consumer pada Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ROE, NPM, PER, EPS, Harga Saham pada sektor Consumer di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018, dan data BI Rate  pada Bank Indonesia periode 2015-2018. Populasi yang digunakan berjumlah 45 perusahaan yang terdaftar dalam indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia, sedangkan sampel yang dipilih berjumlah 5 perusahaan dalam indeks LQ45 sektor Consumer di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode Analisis yang digunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan Aplikasi SPSS Versi 25.

 

Hasil penelitian membuktikan secara parsial Return On Equity (ROE) tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham dengan pengaruh sebesar 9,7%. Net Profit Margin (NPM) secara parsial tidak berpengaruhsignifikan terhadap Harga Sahamdengan pengaruh sebesar -1,8%. Price Earning Ratio (PER) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham dengan pengaruh sebesar 2,3%.Earning Per Share (EPS) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham dengan pengaruh sebesar 83,9%.BI Ratesecara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham dengan pengaruh sebesar 0,7%. Secara simultan variabel ROE, NPM, PER, EPS dan BI Rate berpengaruh terhadap Harga Saham dengan kontribusi sebesar 94,9%.

 

 

 

 

 

 

 

Kata Kunci : Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM), Price Earning Ratio (PER), Earning Per Share (EPS), BI Rate dan Harga Saham

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI