DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Persepsi Msyarakat terhadap Mitigasi Bencana Banjir di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar
PENGARANG:DESY CYNTIA DEWI S
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-05-29


 

Penelitian berjudul presepsi masyarakat terhadap Mitigasi Bencana Banjir di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis presepsi masyarakat terhadap Mitigasi Bencana Banjir di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang terkena banjir di Kecamatan Martapura. Sampel masyarakat pada penelitian ini adalah 338 Responden menggunakan penentuan sampel Krecic dan Morgan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti meliputi, penyebaran kuesioner (angket), wawancara, observasi, studi pustaka dokumentasi, kemudian angket di Uji validitas instrumen dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dengan persentase untuk mengetahui tingkat persepsi masyarakat terhadap mitigasi bencana banjir di Kecamatan Martapura.

 

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat persepsi masyarakat terhadap mitigasi bencana banjir pada kategori sangat baik sebesar (69,2%) atau sebanyak  234 responden sedangkan kategori baik sebesar (30,8%) atau sebanyak 104 responden. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan masyarakat akan berperan aktif dalam penanggulangan bencana banjir di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar.

 

 Kata Kunci: Presepsi, Mitigasi Bencana, Banjir

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI