DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENANGGULANGAN BENCANA RAWAN KEBAKARAN PERMUKIMAN DI KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH
PENGARANG:M. RIFANI AKBAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-01


Penelitian berjudul “Partisipasi Masyarakat terhadap Penanggulangan Bencana Rawan Kebakaran Permukiman di Kecamatan Banjarmasin Tengah”. Tujuan penelitian adalah Menganalisis tingkat partisipasi masyarakat terhadap penanggulangan rawan bencana kebakaran permukiman di Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat di Kecamatan Banjarmasin Tengah dengan populasi 95625 jiwa. Sampel dalam penelitian adalah sebagian masyarakat di Kecamatan Banjarmasin Tengah yaitu 659 Responden menggunakan sampel oleh Isaac dan Michael. Penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif. Instrumen pengumpulan data adalah kuesioner atau angket. Penskoran memakai skala Guttman yang dimodifikasi menjadi dua alternative jawaban yaitu Ya atau Tidak. Skala Guttman dibuat dalam bentuk checklist. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif yaitu persentasi tabulasi untuk menganalisis tingkat partisipasi masyarakat terhadap penanggulangan bencana rawan kebakaran permukiman di Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat partisipasi masyarakat terhadap penanggulangan rawan bencana kebakaran permukiman termasuk dalam kategori rendah yaitu 62% atau sebanyak 408 responden. Berdasarkan hasil penelitian masyarakat diharapkan lebih ikut berpartisipasi dalam mencegah akan terjadi adanya api dan penggunaan bahan banguanan yang tidak mudah terbakar.

Kata kunci: Partisipasi Masyarakat, Rawan Kebakaran, Kebakaran Permukiman

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI