DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, PENGANGGURAN, DAN KEMISKINAN TERHADAP KETIMPANGAN PENDAPATAN DI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:VERRY NOVAL ARIADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-04


 

Verry Noval Ariadi (2020). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pengangguran, Kemiskinan terhadap Ketimpangan pendapatan di Kalimantan Selatan.

 

Pembimbing: Dr. Hj. Muzdalifah, SE, M.Si

 

            Penelitian ini dilakukan untuk (1) Menganalisis pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pengangguran, dan Kemiskinan secara parsial terhadap ketimpangan pendapatan dari tahun 2010 hingga 2017. (2) Menganalisis pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pengangguran, dan Kemiskinan secara simultan terhadap ketimpangan pendapatan. (3). Menganalasisis Variabel manakah yang paling dominan mempengaruhi Ketimpangan Pendapatan.

 

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data sekunder yang didapat melalui Badan Pusat Statistik dari kabupaten/kota di Kalimantan Selatan periode 2010-2017. Teknik analisis data yang digunakan merupakan analisis kuantitatif dengn menggunakan analisis regresi data panel dengan Fixed Effect Model.

 

            Hasil penelitian ini berdasarkan analisis regresi data panel yaitu Pertumbuhan Ekonomi tidak berpengaruh signifikan, Pengangguran berpengaruh signifikan, dan Kemiskinan berpengaruh signifikan terhadap Ketimpangan Pendapatan di 13 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan.

 

Kata kunci:      Ketimpangan Pendapatan, Regresi Data Panel, Pertumbuhan Ekonomi, Pengangguran, Kemiskinan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI