DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI MODUL PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTs ASSANABIL
PENGARANG:SITI NORHAMIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-04


Memperoleh pendidikan yang layak adalah hak yang harus diperoleh setiap manusia. Selain dirasa sangat penting, pendidikan bagi seseorang menjadi salah satu modal dasar agar dapat berhasil dan mampu meraih kesuksesan dalam kehidupannya. Kebutuhan akan kualitas media yang baik menyebabkan banyak pihak untuk mengembangkan produk media bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan sasaran seperti modul pembelajaran. Dalam pendidikan tentu perlu diadakannya evaluasi karena perkembangan teknologi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kualitas kelayakan isi dan kelayakan penyajian modul pembelajaran IPS ”Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan”. Penelitian ini menggunakan model evaluasi formatif-sumatif yang dikembangkan Michael Sriven, yang dibagi menjadi 7 tahap yaitu: 1)analisis masalah, 2)menentukan tujuan evaluasi, 3)membuat blue-print instrument penelitian, 4)validasi instrument kepada ahli, 5)revisi instrument, 6)uji coba lapangan, 7)membuat laporan hasil penelitian. pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan perhitungan skala likert. Hasil evaluasi modul pembelajaran IPS “Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan” pada aspek kelayakan isi menghasilkan persentase yang tinggi dengan katagori “sangat baik”, sedangkan pada aspek kelayakan penyajian juga menghasilkan katagori “sangat baik”. Evaluasi sumatif pada penelitian ini menghasilkan rekomendasi revisi pada bahan ajar modul yang menghasilkan poin terendah dari butir-butir angket pada penelitian selanjutnya. Media pembelajaran modul materi Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan Dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan secara kualitas kelayakan isi dan kelayakan penyajian masih sangat layak untuk digunakan pada bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial sehingga layak untuk di implementasikan ke sekolah lain.

           

Kata Kunci: Formatif- Sumatif, Modul Pembelajaran IPS, Evaluasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI