DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN E-BOOK MATA KULIAH MEDIA FOTOGRAFI PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:MUHAMMAD YANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-08


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa e-book untuk mata kuliah Fotografi yang layak pada Mahasiswa Teknologi Pendidikan FKIP ULM. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model pengembangan Alessi & Trollip.

Langkah-langkah penelitian pengembangan Alessi & Trollip, meliputi tiga tahap yaitu pertama perencanaan (planning) antara lain; identifikasi, cakupan materi perkuliahan, merumuskan tujuan yang hendak dicapai, atau langkah-langkah penelitian, dan kemungkinan pengujian dalam lingkup terbatas. Tahap perencanaan ini berisi penjelasan dan rencana gambaran produk yang akan dikembangkan. Bagian perancangan (design) antaralain; proses penggabungan dari konten perspektif instruksional dan interaktivitas, tahap perencanaan ini, dilakukan komunikasi dengan dosen untuk menemukan ide yang tepat antara perancangan dengan produk yang akan dikembangkan. Bagian ketiga yaitu pengembangan(development) antara lain; tahap pengembangan merupakan penuangan konsep perencanaan menjadi sebuah produk yang matang. Pengembangan meliputi proses pengembangan konten (teks, gambar, animasi, soal latihan, audio dan video) yang dipadukan dengan menggunakan software Flip PDF Profesional hingga menjadi sebuah program e-book fotografi dengan format execute (.exe). 

Uji coba alfa produk dilakukan oleh dosen sebagai ahli pembelajaran, ahli materi dan ahli e-book kemudian oleh mahasiswa sebagai sasaran produk. Uji coba produk kepada 8 mahasiswa untuk mengetahui kelyakan e-book. Uji coba dilakukan setelah uji alfa selesai. Hasil skor penilaian kelayakan produk melalui uji alpha pada ahli pembelajaran sebesar 3,56 (kategori sangat layak) , ahli materi sebesar 3,55(kategori  sangat layak) dan pada ahli e-book sebesar 3,53 (kategori sangat layak). Jadi produk e-book fotografi dinyatakan layak sebaagai sumber belajar mata kuliah media fotografi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

 

Kata kunci: e-book fotografi, media fotografi, mahasiswa Teknologi Pendidikan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI