DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Pembelajaran Anak Tunarungu Kelas V SLB Negeri 2 Banjarmasin
PENGARANG:LISA YIHA RADIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-09


ABSTRAK

LISA YIHA RADIAH. 1610127320006.2020. Studi Kasus Implementasi Pembelajaran Anak Tunarungu Kelas V SLB Negeri 2 Banjarmasin.  Skripsi Program  Strata-1  Pendidikan  Khusus.  Jurusan  Ilmu  Pendidikan. Fakultas  Keguruan  dan  Ilmu  Pendidikan.  Universitas  Lambung Mangkurat  Banjarmasin.  Pembimbing  I:  Agus Pratomo Andi W., M.Pd,  dan Pembimbing II: Sihadi, M.Pd

 

Kata Kunci: tunarungu, pembelajaran

 

Permasalahan pada penelitian ini dilatar belakangi oleh digabungnya kelas V dan VI di SLB Negeri 2 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran anak tunarungu yang digabungkan dengan kelas VI, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran anak tunarungu kelas V digabungkan dengan kelas VI, dan mengetahui evaluasi pembelajaran kelas V digabungkan dengan kelas VI.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI, guru kelas, guru mata pelajaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian bahwa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi di dalam kelas yang digabung adalah sama, tidak ada perbedaan. Dalam perencanaan menggunakan kelas VI. Begitu juga dengan pelaksanaan, penggunaan buku dalam pelaksanaan bermacam-macam melihat minat peserta didik. Untuk evaluasi tidak ada pembeda antara kelas V dan VI, semua sama.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI