DIGITAL LIBRARY



JUDUL:LAPORAN PENELITIAN SKRIPSI KUALITAS KIMIAWI NUGGET IKAN DENGAN VARIASI SUBTITUSI TULANG IKAN GABUS (Channa striata)
PENGARANG:MERLIN HANDAYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-09


ABSTRAK

                        MERLIN HANDAYANI (G1A115018), Hasil Penelitian Skripsi Kualitas Kimiawi Nugget Ikan dengan Variasi Subtitusi Tulang Ikan Gabus (Channa striata). Dibimbing oleh Ibu, Dr. Ir. Dewi Kartika Sari, M.P., M.Si. selaku ketua pembimbing dan Ibu Iin Khusnul Khotimah, S.Pi, M.P selaku anggota tim Pembimbing.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh subtitusi konsentrasi tulang ikan terhadap kadar air dan protein nugget ikan gabus dengan mengetahui pengaruh subtitusi konsentrasi tulang ikan terhadap kalsium nugget ikan gabus. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan sehingga diperoleh 12 satuan contoh/sampel. Perlakuan yang diberikan adalah: Perlakuan A penambahan tulang ikan gabus 10% dan B dengan penambahan tulang ikan gabus 20%. Hasil penelitian menunjukan bahwa substitusi tulang ikan gabus berpengaruh nyata terhadap nilai kadar air dan substitusi konsentrasi tulang ikan tidak berpengaruh nyata terhadap kadar protein nugget ikan gabus, sedangkan untuk substitusi konsentrasi tulang ikan berpengaruh nyata terhadap kadar kalsium nugget ikan gabus. Berdasarkan hasil analisis keragaman menunjukkan hasil tidak berpengaruh nyata pada analisis kadar air, berpengaruh nyata pada analisis protein dan berpengaruh nyata pada analisis kalsium.

Keyword : analisis kimiawi, nugget ikan dan tulang ikan gabus

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI