DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pembelajaran Drumband Dalam Ekstrakurikuler MAN 1 Amuntai
PENGARANG:M FAZRIANOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-10


ABSTRAK

Fazrianor, Muhammad. 2019. Pembelajaran Drumband dalam Ekstrakurikuler MAN 1 Amuntai. Tahun ajaran 2016/2017. Skripsi  Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Edlin Yanuar Nugraheni, S.Sn, M.Sn. (II) Muhammad Najamudin, M.Pd.

Kata Kunci : Pembelajaran Seni Musik, Drumband, Ekstrakurikuler.

Dalam pembelajaran seni budaya di sekolah, terdapat beberapa cabang seni diantaranya seni musik, seni tari, seni drama dan juga seni rupa. Seni musik di sekolah mencakup dua hal, diantaranya apresiasi dan juga mengekspresikan diri. Latar belakang penelitian ini merupakan kurangnya jangka waktu pembelajaran dalam kelas sehingga dilakukan pembelajaran tambahan dalam ekstrakurikuler. Tujuan penelitian ini adalah  mendeskripsikan proses dan hasil pembelajarandrumbanddalam ekstrakurikuler MAN 1 Amuntai dengan metode pembelajaran demontrasi partisipatif. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi.

Hasil penelitian ini, merupakan sebuahproses pembelajarandrumband dalam ekstrakurikuler MAN 1 Amuntai. Hasil pembelajaran tersebut bersifat positif atau berhasil dengan adanya peningkatan keterampilan siswa-siswi dalam memainkan alat musik perkusi dalam sebuah drumband. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa-siswi bermain drumband dalam sebuah lagu “Mars Madrasah”.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI