Detail Cantuman Kembali
Analisis Kinerja Simpang Tiga Jalan SMP3 - Jalan Sekumpul Ujung Kota Martapura
ANALISIS KINERJA SIMPANG TIGA JALAN SMP 3 – JALAN
SEKUMPUL UJUNG KOTA MARTAPURA
1Ryend Pratama Syah,
2
Iphan Fitrian Radam
1Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil
2Dosen Program Studi Teknik Sipil
Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat
Jl. A. Yani Km. 35,8 Kalimantan Selatan, Indonesia
E-mail: ryendpratamasyah@gmail.com
ABSTRAK
Simpang tiga Jalan SMP 3 – Jalan Sekumpul Ujung merupakan salah satu
simpang tak bersinyal yang berada di Kota Martapura. Volume kendaraan yang
melewati persimpangan tersebut cukup tinggi sehingga memicu kemacetan dan
kecelakaan. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan analisis
dan menentukan alternatif terbaik sehingga tingkat pelayanan pada simpang berada
pada kondisi optimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja simpang
tiga Jalan SMP 3 – Jalan Sekumpul Ujung pada kondisi eksisting dan juga untuk
memberikan alternatif untuk meningkatkan indeks tingkat pelayanan pada simpang.
Perhitungan analisis dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan metode MKJI 1997
dengan bantuan perangkat lunak KAJI. Data sekunder berupa data pertumbuhan
penduduk Kabupaten Banjar tahun 2013 – 2017 diperoleh dari Badan Pusat Statistik
Kabupaten Banjar. Data Primer didapat dari survey lalu lintas yang dilakukan
selama 15 jam dari pukul 06.00 – 21.00 WITA. Berdasarkan hasil analisis simpang
kondisi eksisting didapatkan nilai peluang antrian (QP) sebesar 27%. Kemudian
analisis simpang kondisi forecasting 7 tahun simpang tidak memenuhi syarat lagi
dengan nilai peluang antrian (QP) sebesar 39%. Adapun alternatif perbaikan tingkat
pelayanannya dengan alternatif penanganan pelebaran geometrik forecasting 7
tahun didapatkan nilai peluang antrian (QP) sebesar 35%. Kemudian forecasting 10
tahun simpang tidak memenuhi syarat lagi dengan nilai peluang antrian (QP)
sebesar 38,5%. Kemudian dengan simpang bersinyal 3 fase didapat nilai derajat
kejenuhan (DS) mengalami perbaikan menjadi 0,683, nilai tundaan sebesar 23,37
det/smp dengan waktu siklus sebesar 47 detik, sehingga nilai indeks tingkat
pelayanan (ITP) simpang menjadi “C”.
Kata Kunci: Simpang Bersinyal, Simpang Tak Bersinyal, Tingkat Pelayanan
Ryend Pratama Syah - Personal Name
625.7.072 RYE a
216253005
625.7.072 RYE a
Skripsi
Bahasa Indonesia
Banjarmasin Fak. Teknik
2021
Banjarmasin Fak. Teknik
x, tab, hal 83, 30cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...