Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Perhitungan Biaya Keselamatan Konstruksi Serta Evaluasi Metode Pelaksanaan Kerja Pada Proyek Pembangunan Jalan Simpang 4 Gatot Subroto - Lingkar Dalam Selatan


ANALISIS PERHITUNGAN BIAYA KESELAMATAN KONSTRUKSI
SERTA EVALUASI METODE PELAKSANAAN KERJA PADA PROYEK
PEMBANGUNAN JALAN SIMPANG 4 GATOT SUBROTO – LINGKAR

DALAM SELATAN

Fitria Desy Yolanda & Candra Yuliana, S.T., M.T.

Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat

Jl. A. Yani Km. 35,8 Kalimantan Selatan, Indonesia
E-mail: desyolandaa@gmail.com

ABSTRAK

Proyek konstruksi dikatakan berhasil jika memiliki angka kecelakaan kerja
yang rendah, diselesaikan tepat waktu dengan kualitas yang baik sesuai rencana.
Oleh sebab itu analisis perhitungan biaya keselamatan konstruksi serta evaluasi
pelaksanaan kerja di lapangan perlu dilakukan. Studi kasus yang digunakan adalah
Proyek Pembangunan Jalan Simpang 4 Gatot Subroto – Lingkar Dalam Selatan.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan studi literatur dan pengumpulan data
yang diberikan langsung oleh instansi terkait. Data yang didapatkan adalah RAB
K2, dianalisis dengan cara perhitungan secara langsung dan melakukan
perbandingan ditinjau dari SE Menteri PUPR No 11 Tahun 2019. Time Schedule
Kurva-S dianalisis berdasarkan perhitungan realisasi kemajuan pekerjaan. Evaluasi
metode pelaksanaan kerja didapatkan melalui wawancara dengan pekerja proyek di
lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian, biaya K2 yang digunakan untuk pelaksanaan
proyek sebesar Rp 11.000.000,00. Dari analisa perbandingan, persentase biaya K2
berdasarkan SE Nomor 11/SE/M/2019 lebih besar daripada persentase harga
lapangan dengan selisih 0.09%, hal ini disebabkan karena ada beberapa item K2
berdasarkan peraturan yang tidak dimasukan ke dalam anggaran biaya lapangan
guna menyesuaikan kebutuhan pekerjaan pada pelaksanaan proyek pembangunan.
Hasil analisis kinerja waktu pada Time Schedule Kurva-S, ada beberapa komponen
pekerjaan yang tertunda akibat faktor cuaca sehingga menyebabkan nilai deviasi
yang negatif pada minggu ke–6 hingga minggu ke–9 sebesar –1,05%,–1,05%, –
1,05%, dan –0,99% berturut–turut. Keterlambatan yang sempat terjadi dapat diatasi
dengan manajemen yang baik dan produktivitas maksimal dari setiap pekerja
proyek yang bekerja langsung di lapangan.
Kata Kunci: jalan, keselamatan konstruksi, analisis kurva-s, evaluasi pekerjaan
Fitria Desy Yolanda - Personal Name
658.401.072 FIT a
216583006
658.401.072 FIT a
Skripsi
Bahasa Indonesia
Banjamasin Fak .Teknik
2021
Banjarmasin Fak. Teknik
x, tab, hal 82, 30cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...