DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Analisis Hubungan Lima Dimensi Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di UPTD Puskesmas Gambut | |
PENGARANG | : | KAMILAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2025-01-17 |
ABSTRAK
Kepuasan pasien menjadi bagian dari faktor utama dalam menilai serta meninjau ulang bagaimana pasien memberikan tanggapan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Mutu pelayanan dan kepuasan pasien saling berkaitan guna memenuhi standar kesehatan yang baik dalam melayani pasien sehingga meningkatkan taraf kesehatan. Mengetahui kepuasan pasien apakah dipengaruhi oleh lima dimensi mutu pelayanan di UPTD Puskesmas Gambut menjadi tujuan dari penelitiaan ini. Pendekatan kuantitatif menjadi jenis penelitian dengan desain cross sectional dan observasional analitik mendukung dalam penelitian ini, Pasien yang mengunjungi UPTD Puskesmas Gambut pada tahun 2023 sejumlah 32.311 pasien menjadi populasi dari penelitian dengan rumus slovin dan teknik purposive sampling sehingga menghasilkan angka 100 responden untuk diteliti. Hasil penelitian pada 5 dimensi yaitu responsiveness, empathy, reliability, tangible, assurance dilihat dari p-value yang dihasilkan pada uji fisher. Dari hasil p-value disimpulkan bahwa terdapat hubungan antar dimensi responsiveness, empathy, reliability dan tangible terhadap kepuasan pasien sedangkan untuk dimensi assurance menjadi satu-satunya variabel yang menghasilkan kebalikannya yaitu tidak ada hubungan terhadap kepuasan pasien.
Kata kunci: Responsiveness, Empathy, Reliability, Tangible, Assurance
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI