DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN PERSEPSI VISUAL MERCHANDISING DENGAN RESPON EMOSIONAL KONSUMEN DALAM PEMBELIAN DI PASAR TERAPUNG LOKBAINTAN KABUPATEN BANJAR KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:NADIA PRATIWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-10


ABSTRAK

 

HUBUNGAN PERSEPSI VISUAL MERCHANDISING DENGAN RESPON

EMOSIONAL KONSUMEN DALAM PEMBELIAN DI PASAR

TERAPUNG LOKBAINTAN KABUPATEN BANJAR KALIMANTAN

 

SELATAN

 

Nadia Praiwi

 

Respon emosional konsumen memiliki hubungan dengan persepsi visual

merchandising. Dalam kaitannya dengan Pasar Terapung Lok Baintan, visual

merchandising memengaruhi konsumen melalui cara penyajian barang dagangan

yang efektif untuk meningkatkan keinginan produk dan untuk memengaruhi

perilaku pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara

persepsi visual merchandising dengan respon emosional konsumen dalam

pembelian di pasar terapung lokbaintan Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan.

Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Accidental

Sampling, yaitu subjek konsumen pasar terapung lok baintan kabupaten banjar

sebanyak 100 orang. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment

dari Karl Person dan metode pengumpulan data menggunakan skala persepsi

visual merchandising dan respon emosional konsumen. Hasil penelitian

menunjukan hubungan persepsi visual merchandising dengan respon emosional

memiliki korelasi r = 0,504 dan taraf signifikansi sebesar 0,000. Nilai ini

menunjukan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara kedua variabel,

artinya semakin tinggi persepsi visual merchandising maka semakin tinggi respon

emosional pada konsumen pasar terapung Lok Baintan, sebaliknya semakin

rendah persepsi visual merchandising maka semakin rendah respon emosional

pada konsumen Pasar Terapung Lok Baintan. Hubungan persepsi visual

merchandising dengan respon emosional adalah sebesar 25,5% sedangkan 75,5%

sisanya adalah dari faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Kata kunci: Respon Emosional Konsumen, Persepsi Visual Merchandising,

Konsumen.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI