DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif barang online pada siswa di SMKN 1 Banjarmasin
PENGARANG:WAYAN ARMINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-20


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor motivasi, teman sebaya, media sosial dan status sosial ekonomi orang tua secara parsial dan simultan terhadap perilaku konsumtif barang online pada siswa di SMK Negeri 1 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian assosiatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Banjarmasin yang berjumlah 321 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Faktor motivasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif barang online yang ditunjukkan dengan nilai thitung (0,385) < ttabel (1,967); b) Faktor teman sebaya secara parsial tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif barang online yang ditunjukkan dengan nilai thitung (-0,124) < ttabel (1,967); c) Faktor media sosial secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif barang online yang ditunjukkan dengan nilai thitung (8,236) > ttabel (1,967); d) Faktor status sosial ekonomi orang tua secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif barang online yang ditunjukkan dengan nilai thitung (9,252) > ttabel (1,9 67); e) Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif barang online siswa yag meliputi motivasi, teman sebaya, media sosial, dan status sosial ekonomi orang tua secara simultan Fhitung (46,469) > Ftabel (2,408) mempunyai pengaruh positif terhadap perilaku konsumtif barang online pada siswa di SMK Negeri 1 Banjarmasin.

Kata kunci; perilaku konsumtif, motivasi, teman sebaya, media sosial dan status sosial ekonomi orang tua. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI