DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI IDENTIFIKASI TEKS NONFIKSI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MEANINGFUL INSTRUCTIONNAL DESIGN (MID), SQ4R DAN PROBING-PROMPTING PADA SISWA KELAS V SDN SN SURGI MUFTI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:TRI OKTAVIANA SUGIARTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-01


ABSTRAK

Sugiarti, Tri Oktaviana, 2020.  Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Identifikasi Teks NonFiksi   Menggunakan Kombinasi Model  Meaningful Instructionnal Design (MID), SQ4R Dan Probing-Prompting Pada Siswa Kelas V  SDN  SN  Surgi Mufti 1 Banjarmasin.  Skripsi   Program    Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP ULM Banjarmasin.   Pembimbing Dr. Mariatul Kiptiah, M.Pd.

Kata Kunci : Identifikasi Teks Non Fiksi, Meaningful Instructionnal Design (MID), SQ4R, dan Probing-Prompting.

Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas VA SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin didapatkan informasi rendahnya hasil belajar siswa pada materi teks nonfiksi. Hal ini disebabkan  karena rendahnya keinginan siswa untuk mengulang kembali pelajaran terutama Bahasa Indonesia yang berupa teks panjang, Siswa cepat bosan dan pasif dalam pembelajaran karena pembelajaran dilakukan dengan satu arah saja, serta siswa menggap mudah materi tersebut yang berakibat rendahnya  hasil belajar sisw. Oleh karena itu maka dilakukan upaya untuk Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi identifikasi teks nonfiksi menggunakan kombinasi model Meaningful Instructionnal Design (MID), SQ4R dan Probing-Prompting. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis aktivitas siswa serta hasil belajar siswa materi identifikasi teks nonfiksi pada siswa kelas VA SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin.

Jenis penelitian  yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 pertemuan, dilaksanakan di kelas VA SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasinyang berjumlah 29 orang siswa. Jenis data yang disajikan adalah data kegiatan guru dan siswa yang didapat melalui observasi, dan data hasil belajar siswa yang didapat melalui tes. Analisis data dilakukan dengan skala presentase dan indikator keberhasilan yang telah guru tetapkan.

            Hasil penelitian observasi aktivitas guru aktivitas guru terlaksana dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa  telah mengalami peningkatan mencapai kriteria aktif dengan perolehan peningkatan mencapai 65,52 %. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada pertemuan II mencapai 82,76%.

            Berdasarkan temuan dan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan kombinasi model Meaningful Instructionnal Design (MID), SQ4R dan Probing-Prompting dapat Meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

            Disarankan kepada guru di SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin khususnya bahasa Indonesia untuk dapat mengembangkan pembelajaran yang inovatif untuk Meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dengan mengoptimalkan penggunaan media dan model Meaningful Instructionnal Design (MID), SQ4R dan Probing-Prompting.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI