DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kualias Pelayanan Kesehatan Pasien Rawat Inap Pemegang Kartu Badan Penyelenggara Sosial (BPJS) Kelas III Di Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Zalecha Martapura
PENGARANG:MUSTIKA ARIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-27


 

ABSTRAK

Mustika Ariyanti, 1610411620020 2020 : “Kualitas Pelayanan Kesehatan Pasien Rawat InapPemegang Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kelas III Di Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Zalecha Martapura”. Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dibawah Bimbingan Afrida Royati.

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah karena ada ketertarikan tentang fakta dan data yang penulis dapatkan pada media cetak dan elektronik, bahwa pelayanan yang diberikan  RSUD Ratu Zalecha Martapura, terkhusus pada pasien pemegang kartu BPJS Kesehatan Kelas III cukup belum maksimal, dimana pada pasien BPJS Kesehatan Kelas III  merasa dinomer dua kan dalam halnya pelayanan kesehatan. Dan teori yang peulis gunakan untuk Kualitas Pelayanan Kesehatan Pasien Rawat InapPemegang Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kelas III Di Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Zalecha Martapura adalah teori Fandy Tjiptono (1995).

Penelitian ini bersifat pendekatan kualitatif  dan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian Kurangnya kualitas pelayanan pada Pelayanan Kesehatan Pasien Rawat Inap Kelas III di Di Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Zalecha Martapura dapat dilihat dari Pelayanan Perawat yang tidak memenuhi akan Ketepatan Waktu Pelayanan sehingga pasien tidak terlayani setiap waktu di ruang rawat inap diRumah Sakit Ratu Zalecha Martapura. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat yaitu :1). Adanya depo obat disetiap kelas ruangan rawat inap Rumah sakit yang memudahkan perawat, pasien dan keluarga pasien dalam mengambil obat, 2). Fasilitas yang sudah cukup memadai untuk ruangan rawat inap kelas III, 3). Jam besuk yang masih kurang dipahami oleh keluarga pasien, 4). Tenaga kesehatan dan kurangnya kedisiplinan perawat yang membuat perawat tidak memberikan pelayanan secara efisien setiap waktu.

Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Pasien Rawat Inap, BPJS


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI