DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) TERHADAP KINERJA PELAYANAN PERALIHAN HAK KARENA JUAL BELI DI KANTOR PERTANAHAN KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:AGUSTINA WARDANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-05


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan peralihan hak karena jual beli pada Kantor Pertanahan Kota Banjarmasin (2) faktor-faktor pendukung yang mempengaruhi kepuasan masyarakat terhadap peralihan hak karena jual beli pada Kantor Pertanahan Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan 2 (dua) variabel yaitu (1) variabel tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pelayanan publik di bidang pertanahan, (2) variabel faktor-faktor pendukung yang mempengaruhi kepuasan masyarakat terhadap peralihan hak karena jual beli pada Kantor Pertanahan Kota Banjarmasin. Hasil penelitian ini berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan yaitu mutu pelayanan publik di bidang pertanahan dalam peralihan hak karena jual-beli di Kantor Pertanahan Kota Banjarmasin adalah baik (B), selaras dengan kepentingan masyarakat terhadap pelayanan di Kantor Pertanahan Kota Banjarmasin adalah sangat penting. Beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan masyarakat terhadap peralihan hak karena jual beli yang menjadi kekuatan yaitu: (1) perilaku pelaksana, (2) sarana dan prasarana, (3) penanganan pengaduan, (4) produk/hasil layanan, (5) kompetensi pelaksana, (6) persyaratan pelayanan, (7) biaya/tarif, (8) sistem, mekanisme, dan prosedur, (9) waktu penyelesaian. Saran yang dapat menjadi bahan masukan untuk memperbaiki kinerja pelayanan di Kantor Pertanahan Kota Banjarmasin yaitu dari diagram kartesius kuadran A menjadi prioritas utama perbaikan adalah waktu penyelesaian pelayanan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI