DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEGAGALAN PELAYANAN MELALUI APLIKASI PELAYANAN ADMINISTRASI KELURAHAN TERINTEGRASI (PALUI) BAIMAN DI KELURAHAN SUNGAI ANDAI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:KAMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-05


Kamalia, 1610411120006, 2020. "Kegagalan Pelayanan Melalui Aplikasi Pelayanan Administrasi Kelurahan Terintegrasi (PALUI) Baiman Di Kelurahan Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara", di bawah bimbingan Tomi Oktavianor.

Penelitian ini bertujuan menjelaskan dan menganalisis kegagalan pelayanan melalui Aplikasi Palui Baiman di Kelurahan Sungai Andai Kecamatan Banjarmssin Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Kasubag Pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan Kota Banjarmasin, Sekretaris dan dua Tenaga Teknisi Pekayanan Kantor Kelurahan Sungai Andai, dan enam masyarakat Kelurahan Sungai Andai selaku pemohon.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pelayanan melalui Aplikasi Palui Baiman dalam pbuatan surat permohonan di Kelurahan Sungai Andai mengalami kegagalan, dimana diterapkan sejak Februari tahun 2018 sampai tahun 2020 hanya terdapat 18 permohonan secara online  dari 4.648 total jumlah permohonan secara langsung atau offline. Dalam pelaksanaan Aplikasi Palui Baiman berdasarkan empat tahapan pengembangan e-Government menurut Inpres Nomor 3 Tahun 2003 yaitu pada tingkat persiapan sudah gagal, begitupun tingkat pematangan, tingkat pemantapan, dan tingkat pemanfaatan juga mengalami kegagalan. Penyebab terjadinya kegagalan pelayanan melalui Aplikasi Palui Baiman tersebut dikarenakan hambatan teknis, kurnagnya sosialisasi, dan kesenjangan digital.

Penelitian ini menyarankan Bagian Pemerintahan Kota Banjarmasin diharapkan dapat mengoptimalkan dan memaksimalkan lagi ketersediaan teknologi informasi yang diberikan, terus berkomitmen melaksanakan Aplikasi Palui Baiman, dan pemberian sosialisasi secara merata kepada 52 Kelurahan di Kota Banjarmasin. Sedangkan Kelurahan Sungai Andai diharapkan memberikan sosialisasi kepada masyarakat melalui whatsapp dengan melibatkan RT dan masyarakat dipaksa melalui RT diberitahu bahwa segala urusan pelayanan menggunakan Aplikasi Palui Baiman.

 

Kata Kunci: E-Government, Aplikasi PALUI Baiman

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI