DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN KARTU IDENTITAS ANAK ( KIA ) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:RISKA FITRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-13


ABSTRAK

Riska Fitriani. 1610411320030. Kualitas Pelayanan Kartu Identitas Anak Penelitian Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin. Dibawah Bimbingan Hj.Aulia Sebagai Dosen Pembimbing.

            Pemerintah daerah mempunyai peranan yang sangat penting untuk menyediakan pelayanan publik yang berkewajiban dan bertanggung jawab dalam penyelenggaraan urusan pelayanan salah satunya bentuk pelayanan umum dalam penyelenggaran administrasi kependudukan, yang dilakukan walikota banjarmasin dengan dibantu instansi pelaksana yaitu pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin khususnya pelayanan Kartu Identitas Anak.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan mempunyai dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder, serta proses pengumpulan data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan publik dari Hardiansyah untuk menganalisis kualitas pelayanan kartu identitas anak di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota banjarmasin

            Hasil penelitian ini diketahui bahwa kualitas pelayanan yang diberikan berdasarkan teori hardiansyah yaitu: kualitas pelayanan dalam kartu identitas anak di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota banjarmasin masih kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari motivasi kerja, pengawasan, perilaku birokrasi, komunikasi yang kurang optimal dalam pelayanan kartu identitas anak. Sedangkan kemampuan aparatur dan restrukturisasi organisasi sudah baik. Adapun faktor pendukung kualitas pelayanan kartu identitas anak di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota banjarmasin berkaitan dengan kemampuan aparatur dan faktor penghambat berkaitan dengan sarana dan prasarana serta kurangnya jumlah sumber daya manusia.

            Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini diharapkan dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota banjarmasin dapat menambahkan secara sarana dan prasarana dalam proses pelayanan kartu identitas anak agar pelayanan dapat berjalan dengan optimal.

 

Kata kunci: kualitas pelayanan, kartu identitas anak

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI