DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penggunaan Bahasa Persuasi pada Komentar Warganet dalam Pencegahan Wabah Covid-19 di Media Sosial Instagram
PENGARANG:OKTAVIA PERMITA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-19


Abstrak             

 Bahasa persuasi merupakan sebuah bentuk bujukan, perintah, atau saran yang bertujuan untuk meyakinkan orang lain agar melakukan sesuai yang dikehendaki penutur atau penulis. Penelitian ini dipilih karena banyaknya warganet yang membujuk, memerintah, atau menyarankan masyarakat dan pemerintah dalam upaya pencegahan wabah Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif.Data pada penelitian ini yaitu bahasa persuasi pada komentar warganet. Hasil penelitian penggunaan bahasa persuasi pada komentar warganet dalam pencegahan wabah Covid-19 dimedia sosial instagram memiliki ciri untuk mengajak, menyarankan, memerintah, melarang, menganjurkan, dan mengharapkan. Teknik persuasi yang terdapat dalam penelitian iniantara lain teknik: rasionalisasi, identifikasi, sugesti, konformitas, dan kompensasi.

Kata kunci: bahasa persuasi, komentar warganet, Covid-19

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI