DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELAYANAN PEMBAHARUAN E-KTP PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:HENGKY WIJAYA BARA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-21


ABSTRAK

Hengky Wijaya Bara, 1610411610008, 2020 “Pelayanan Pembaharuan E-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Kota Banjarmasin”, di bawah bimbingan Enly Hadiyanor.

Dalam upaya memenuhi kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia yang baik mayarakat Kota Banjarmasin berusaha agar memperoleh identitas diri dalam hal ini yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP), sebagai warga negara yang sah di mata hukum negara Indonesia. Oleh sebab itu apabila  Kartu Tanda Penduduk (KTP) tersebut rusak/ hilang/ pergantian identitas atau data penduduk, masyarakat Kota Banjarmasin berusaha untuk mendapatkan pelayanan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin agar masyarakat.

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja hambatan pelayanan pembaharuan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin serta faktor-faktor penghambat pembaharuan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah deskritif, lokasi penelitian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjaramasin. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi dan wawancara.

Hasil penelitian pelayanan pembaharuan E-KTP Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin dapat disimpulkan bahwa secara umum pelayanan pembaharuan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin belum maksimal dengan baik. Faktor yang penghambat pelayanan pembaharuan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin yaitu dari sarana pelayanan.

Saran diajukan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin yaitu Berdasarkan kesimpulan tersebut, peneliti menyarankan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin untuk memperbaiki indikator yang dinilai masih kurang berhasil sehingga pelayanan Pembaharuan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin dapat dikategorikan baik.

Kata Kunci : Pelayanan, Pembaharuan E-KTP

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI