DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri Se-Kota Banjarmasin Tahun Ajaran 2019/2020
PENGARANG:ASNAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-26


 

Ada banyak faktor yang mempengaruhi pencapaian hasil belajar siswa.Faktor-faktor tersebut secara garis besar dikelompokkan menjadi faktor internal dan eksternal.Dalam  penelitian ini peneliti fokus tentang kaitan beberapa faktor internal pada diri siswa dengan hasil yang dicapai siswa, diantaranya kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar.Dalam pembelajaran, kecerdasan emosional sangat diperlukan untuk dapat mengendalikan diri, memotivasi dirinya sendiri untuk dapat memperoleh hasil belajar optimal. Dengan kecerdasan emosional yang tinggi, siswa diharapkan mampu mengontrol tindakan/perilaku yang dapat menghambat tercapainya hasil belajar yang optimal. Selain kecerdasan emosional, kebiasaan belajar juga menjadi faktor yang turut mempengaruhi siswa dalam memperoleh hasil belajar yang optimal.Kebiasaan belajar yang baik diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sebaliknya kebiasaan belajar yang kurang baik cenderung menghasilkan capaian yang tidak optimal

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika, pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika serta pengaruh kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri se-Kota Banjarmasin tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan populasi 1914 siswa kelas X MIPA SMA Negeri se-Kota Banjarmasin. Sampeldipilih menggunakan teknik proposive samplingdenganjumlah 544 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dalam bentuk googleform yang berisi skala kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar serta dokumentasi nilai ulangan akhir semester ganjil 2019/2020 mata pelajaran matematika. Data dianalisis menggunakan aplikasi pengolahan data statistik yaitu SPSS.Berdasarkan analisis statistik, hasil penelitian menunjukkan adanyapengaruhkecerdasan emosionalterhadap hasil belajar matematika, kebiasaan belajarterhadap hasil belajar matematika serta kecerdasan emosional dan kebiasaan belajarterhadap hasil belajar matematika.

Kata kunci :Kecerdasan Emosional.kebiasaan belajar, Hasil Belajar Matematika

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI