DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN MEDIA SOSIAL INTERNET TERHADAP MARKETING ALAT MUSIK TRADISIONAL DI KALIMANTAN SELATAN: STUDI KASUS TOKO P.I.X MUSIC
PENGARANG:ROMI HERMAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-30


Romi Hermawan. 2020. Peranan Media Sosial Internet Terhadap Marketing Alat Musik Tradisional di Kalimantan Selatan: Studi Kasus Toko P.I.X MUSIC. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : (I) Maryanto, M.Sn (II) Sumasno Hadi, S.Pd., M.Phil.

 

 

Kata Kunci : Peranan Media Sosial Internet dalam aspek Marketing / penjualan alat musik tradisional di toko P.I.X MUSIC.

Penelitian ini bertijuan mendeskripsikan Peranan Media Sosial Internet dalam aspek Marketing / penjualan alat musik tradisional di toko P.I.X MUSIC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian penulisan skripsi ini dimulai dengan tahap analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Penelitian ini diteliti di Toko Pancar IX Music atau biasa disebut toko P.I.X MUSUC yang terletak di daerah Barito Kuala, Handil bakti - Jl. Trans Kalimantan Km.07.5, Komplek Keruwing Indah No.14. Hasil penelitian yang diperoleh mengenai penjualan alat musik tradisional yang ada di toko Pancar IX Music yang biasa disebut P.I.X MUSIC, dimana media sosial internet sebagai alat yang membantu penghasilan dalam penjualan terbesarnya pada saat ini. Dikarenakan sebagian besar masyarakat menggunakan media sosial internet dalam kehidupan sehari harinya, sehingga menggunakan media sosial internet jualah sebagian besar masyarakat memesan dan melihat-lihat alat musik yang ingin dibelinya, walaupun masih ada beberapa masyarakat yang langsung datang ke toko untuk melihat-lihat dan membeli alat musik tradisional di toko P.I.X MUSIC. Media sosial internet yang digunakan oleh adamin toko: instagram, facebook, whatsApp, buka lapak, shopee, toko pedia. Adapun omset yang dihasilkan oleh toko P.I.X MUSIC lumayan besar, yaitu 15.000.000 – 50.000.000/bulan. Adapun dengan alat musik yang terjual kurang lebih 15-20 alat musik tradisional. Akan tetapi tidak bisa dipastikan alat musik apa saja yang terjual selama satu bulan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI