DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI MANAJEMEN PELAYANAN DAN PROMOSI PADA USAHA KETUPAT KANDANGAN SEBAGAI REFERENSI SUMBER BELAJAR EKONOMI DI SMA KELAS X
PENGARANG:DEWI PUSPITA INDAH MAHARANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-07


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi penggunaan manajemen pelayanan dan promosi, serta (2) mengintegrasikan  aktivitas usaha ketupat Kandangan dalam perspektif manajemen pelayanan dan promosi pada kurikulum ekonomi SMA kelas X. Pengintegrasian dilakukan dengan membuat sebuah sumber belajar berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam materi fungsi-fungsi manajemen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu tiga pemilik usaha ketupat Kandangan terdiri dari pemilik Warung Ketupat Mayang Marias (Hj. Amay), pemilik Warung Ketupat Mama Ading (Noor Haida), pemilik Warung Ketupat Mama Rini (Hamsiah), satu pengunjung disetiap warung ketupat, dan satu tenaga kerja di Warung Ketupat Mayang Marias. Sumber data ialah data primer. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman dimana analisis ini dilakukan dengan langkah-langkah yaitu pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi, langkah reduksi data yaitu merangkum, memilah, dan memfokuskan pada hal penting, langkah display data yaitu penyajian data agar tersusun dan terorganisir, serta verifikasi data meliputi semua temuan penelitian yang menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menggambarkan bahwa usaha ketupat Kandangan dapat dan layak dijadikan sumber belajar bagi siswa SMA kelas X pada materi manajemen dilihat dari penerapan yang dilakukan oleh para pemilik warung Ketupat Kandangan. Semua subjek penelitian menyediakan pelayanan yang berbeda tergantung dari keadaan tempat usaha. Ditemukan juga penggunaan teknologi informasi yang digunakan sebagai jalan mereka melakukan promosi. Namun, ketiga subjek mengaku masih kurang maksimal dalam menjalankan promosi. Temuan gambaran aktivitas usaha Ketupat Kandangan tersebut diintegrasikan dengan kurikulum ekonomi SMA kelas X pada materi manajemen menjadi sumber belajar dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Kata Kunci : Manajemen Pelayanan dan Promosi, Usaha Ketupat Kandangan, Sumber Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI