DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Pengembangan Obyek Wisata Bukit Matang Kaladan Terhadap Pendapatan Asli Desa Tiwingan Lama
PENGARANG:NURAHMAN HADADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-08


Nurahman Hadadi (2020). Strategi Pengembangan Obyek Wisata Bukit Matang Kaladan Terhadap Pendapatan Asli Desa Tiwingan Lama Kabupaten Banjar. Pembimbing Dr. Hj. Muzdalifah, SE, Msi

            Penelitian ini bertujuan untuk (1) menentukan pengembangan yang perlu dilakukan dalam mengembangkan Obyek Wisata Bukit Matang Kaladan, (2) mengetahui kontribusi pendapatan Obyek Wisata Bukit Matang Kaladan terhadap pendapatan asli desa, dan (3) mengetahui peran pemerintah dalam pengembangan Obyek Wisata Bukit Matang Kaladan.

            Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, analisis yang digunakan diskriptif kuantitatif dan SWOT. Data primer diperoleh dari wawancara dengan responden yang dianggap ahli atau mengetahui permasalahan penelitian.

Hasil penelitian Obyek Wisata Bukit Matang Kaladan dari segi pengunjung menunjukan peningkatan tiap tahunya, seiring dengan peningkatan pengunjung harus diiringi juga dengan pengembangan pelayanan atau fasilitas di obyek wisata itu sendiri. Keasrian lingkungan obyek wisata yang terawat menjadi poin penting untuk menjaga wisatawan tetap berkunjung, saling berkoordinasi antar pihak dan gencar melakukan promosi agar menarik minat wisatawan. memiliki kekuatan dan peluang sama dominan sehingga sangat berpotensi untuk dikembangkan. Kontribusi Obyek Wisata Bukit Matang Kaladan juga menunjukan perkembangan positif tiap tahunnya. Hal itu menunjukan peran pemerintah daerah dalam mengambil strategi sudah tepat untuk memanfaatkan potensi obyek wisata secara maksimal.

Kata kunci: strategi pengembangan, SWOT, wisata

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI