DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Pengembangan Usaha dalam Menghadapi Persaingan Usaha Kerupuk Gumbili di Desa Bamban Utara Kecamatan Angkinang Kabupaten Hulu Sungai Selatan
PENGARANG:Ismatul Maula
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-10


Kata Kunci: Persaingan Usaha, Strategi Pengembangan Usaha, Kerupuk Gumbili 

Dalam dunia usaha memang sangat identik dengan persaingan, persaingan 

bertujuan untuk menghasilkan sesuatu produk intelektual yang bertaraf tinggi. 

Sehingga dalam pengembangannya. Persaingan usaha harus dihadapi oleh para 

pengusaha besar ataupun pengusaha kecil. Hal itupun dirasakan oleh warga di Desa 

Bamban Utara, Kecamatan Angkinang, Hulu Sungai Selatan yang sebagian besar 

usaha rumahan yang digelutinya sebagai pengusaha kerupuk gumbili, untuk dapat 

bersaing dan menerapkan strategi dalam meningkatkan daya jual, hasil produksi, 

dan variasi produk usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan 

persaingan usaha yang terjadi pada para pengusaha kerupuk gumbili. (2) 

Menjelaskan tentang strategi pengembangan usaha yang dilakukan para pengusaha 

dalam menghadapi persaingan. 

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode 

penelitian kualitatif. Di mana sumber data yang dipilih secara purposive, yaitu 

memilih orang yang dianggap mempunyai pengetahuan terhadap objek yang 

diteliti, yaitu para pengusaha kerupuk gumbili yang berada di Desa Bamban Utara. 

Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. 

Analisis hasil peneltian dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan menarik 

kesimpulan. 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Persaingan usaha yang terjadi 

pada para pengusaha kerupuk gumbili, dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu harga 

jual pada jenis produk yang sama, kualitas produk dan pelayanannya. (2) Strategi 

pengembangan usaha dalam menghadapi persaingan usaha yaitu dengan membuat 

inovasi baru dalam memeperindah dan mempercantik hasil produknya. 

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan untuk menambah potensi 

dalam strategi pengembangan usaha produksi kerupuk gumbili, Sebaiknya para 

pengusaha dalam pemasaran produknya, mencoba mempromosikan produknya 

melalui media sosial. Pengusaha juga sebaiknya mencantumkan masa kadaluarsa 

produk. Kemudian untuk penelitian selanjutnya diharapkan bisa meneliti tentang 

jaringan sosial di desa Bamban Utara. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI