DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Strategi Pengembangan Usaha dalam Menghadapi Persaingan Usaha Kerupuk Gumbili di Desa Bamban Utara Kecamatan Angkinang Kabupaten Hulu Sungai Selatan | |
PENGARANG | : | Ismatul Maula | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-12-10 |
Kata Kunci: Persaingan Usaha, Strategi Pengembangan Usaha, Kerupuk Gumbili
Dalam dunia usaha memang sangat identik dengan persaingan, persaingan
bertujuan untuk menghasilkan sesuatu produk intelektual yang bertaraf tinggi.
Sehingga dalam pengembangannya. Persaingan usaha harus dihadapi oleh para
pengusaha besar ataupun pengusaha kecil. Hal itupun dirasakan oleh warga di Desa
Bamban Utara, Kecamatan Angkinang, Hulu Sungai Selatan yang sebagian besar
usaha rumahan yang digelutinya sebagai pengusaha kerupuk gumbili, untuk dapat
bersaing dan menerapkan strategi dalam meningkatkan daya jual, hasil produksi,
dan variasi produk usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan
persaingan usaha yang terjadi pada para pengusaha kerupuk gumbili. (2)
Menjelaskan tentang strategi pengembangan usaha yang dilakukan para pengusaha
dalam menghadapi persaingan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian kualitatif. Di mana sumber data yang dipilih secara purposive, yaitu
memilih orang yang dianggap mempunyai pengetahuan terhadap objek yang
diteliti, yaitu para pengusaha kerupuk gumbili yang berada di Desa Bamban Utara.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis hasil peneltian dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan menarik
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Persaingan usaha yang terjadi
pada para pengusaha kerupuk gumbili, dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu harga
jual pada jenis produk yang sama, kualitas produk dan pelayanannya. (2) Strategi
pengembangan usaha dalam menghadapi persaingan usaha yaitu dengan membuat
inovasi baru dalam memeperindah dan mempercantik hasil produknya.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan untuk menambah potensi
dalam strategi pengembangan usaha produksi kerupuk gumbili, Sebaiknya para
pengusaha dalam pemasaran produknya, mencoba mempromosikan produknya
melalui media sosial. Pengusaha juga sebaiknya mencantumkan masa kadaluarsa
produk. Kemudian untuk penelitian selanjutnya diharapkan bisa meneliti tentang
jaringan sosial di desa Bamban Utara.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI