DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA (Studi pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah)
PENGARANG:ANNA PRANITA BR SARAGIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-29


ABSTRAK

 

 

Anna Pranita Br Saragih. D2B115016. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan terhadap Kepuasan Pemustaka (Studi pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah). Pembimbing Jamaluddin selaku Pembimbing I dan Mahyuni selaku Pembimbing II.

 

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan pemustaka pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan tujuan memperoleh gambaran yang mendalam tentang analisis strategi pelayanan perpustakaan. Sampel penelitian yang digunakan adalah sebanyak 100 orang responden yang merupakan pemustaka. Analisis data digunakan metode regresi linear sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kualitas pelayanan berdasarkan indikator bukti langsung (tangible), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan dan kepastian (assurance), dan empati (empathy) memiliki kategori cukup baik. Tingkat kepuasan pemustaka berdasarkan indikator kepuasan menyeluruh (overall satisfaction) harapan (expectation satisfaction), dan kepercayaan (expeience satisfactions) memiliki kategori cukup puas.

Disarankan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah dapat meningkatkan kualitas pelayanannya dengan memperhatikan faktor bukti langsung (tangible), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan dan kepastian (assurance), dan empati (empathy) sehingga dapat meningkatkan kepuasan pemustaka.

 

Kata Kunci:  kepuasan pemustaka, kualitas pelayanan perpustakaan


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI