DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGARUH BUKTI FISIK, PEMBERIAN INFORMASI, DAN EMPATI TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS TERAKREDITASI PARIPURNA (Studi Observasional Analitik pada Pasien Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial Kesehatan di Puskesmas Haur Gading) | |
PENGARANG | : | FAJAR KURNIAWAN | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-01-15 |
ABSTRAK
PENGARUH BUKTI FISIK, PEMBERIAN INFORMASI, DAN EMPATI
TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS
TERAKREDITASI PARIPURNA
(Studi Observasional Analitik pada Pasien Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial
Kesehatan di Puskesmas Haur Gading)
Fajar Kurniawan
Akreditasi paripurna merupakan tingkatan tertinggi dari akreditasi
puskesmas. Semakin tinggi suatu akreditasi menunjukkan semakin baiknya
kualitas pelayanan, sehingga seharusnya terjadi peningkatan jumlah kunjungan di
puskesmas tersebut yang dapat memengaruhi kepuasan pasien. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel tangible (bukti fisik), pemberian
informasi, serta empati terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS. Rancangan
penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional.
Populasi dalam penelitian ini adalah warga di wilayah kerja Puskesmas Haur
Gading. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple
random sampling sebanyak 100 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
tidak terdapat pengaruh secara siginifikan antara tangible (bukti fisik) thitung < ttabel
(1,246 < 1,985) dan pemberian informasi secara siginifikan thitung < ttabel (0,025 <
1,985) terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Haur Gading serta terdapat
pengaruh secara siginifikan antara empati thitung > ttabel (2.482 > 1,985) terhadap
kepuasan pasien di Puskesmas Haur Gading. Hasil Uji F didapatkan bahwa nilai
Fhitung adalah sebesar 12,727. Karena nilai Fhitung 12,727 > Ftabel 2,70, maka semua
variabel berpengaruh simultan terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa variabel bukti fisik dan pemberian informasi tidak
berpengaruh terhadap kepuasan pasien dan variabel empati berpengaruh terhadap
kepuasan pasien.
Kata-kata kunci: akreditasi puskesmas, kepuasan pasien, bukti fisik, pemberian
informasi, empati
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI