DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSEPSI PENGUNJUNG DAN STRATEGI PEMASARAN OBJEK WISATA KOLAM RENANG IDAMAN DI KOTA BANJARBARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:Syadzwina
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-02-11


ABSTRAK

Syadzwina, 2020. Persepsi Pengunjung dan Strategi Pemasaran Objek Wisata Kolam Renang Idaman di Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan. Tesis. Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru. Pembimbing: Prof. Dr. Ir. Hj. Emmy Sri Mahreda, M.P. ; Dr. Emmy Lili Mantik, S.Pi., M.P.; Dr. Ir. Eko Rini Indrayatie, M.P.

 

Kata Kunci : Skala Likert, Persepsi, wisatawan

 

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengelolaan objek wisata Kolam Renang Idaman, menganalisis persepsi wisatawan terhadap objek wisata Kolam Renang Idaman, dan menganalisis alternatif strategi pemasaran objek wisata Kolam Renang Idaman. Penelitian ini bersifat dekripstif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik Accidental Sampling dengan jumlah sampel 30 orang. Data penelitian berupa data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Data sekunder berupa informasi dari dinas terkait dan studi pustaka. Untuk menjawab tujuan pertama dilakukan dengan cara deskriptif. Untuk menjawab tujuan kedua dilakukan dengan menggunakan analisis Skala Likert. Untuk menjawab tujuan ketiga dilakukan dengan menggunakan Analisis Strengths, Weakneeses, Opportunities, dan Treaths (SWOT) dengan matrik internal-eksternal. Lokasi penelitian bertempat di objek wisata Kolam Renang Idaman Kota Banjarbaru. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan objek wisata Kolam Renang Idaman sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 061/Menkes/Per/I/19991 mengenai standar lokasi. Dan berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) RI No. 5 Tahun 2018 tentang K3 Lingkungan Kerja dan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2017 menurut laporan mahasiwa kesehatan masyarakat yang penelitian dilokasi tersebut bahwa pengelolaan objek wisata tersebut tergolong baik.

Berdasarkan  keadaan  di  lapangan,  jarang  adanya  laporan  mengenai keluhan  kualitas  air  namun  hal  ini   belum  dapat  disimpulkan  secara  pasti karena  mereka  tidak  melakukan  uji laboratorium  dan  tidak  memiliki berkasnya  meskipun  secara  umum  terlihat  baik.  Persepsi  pengunjung  terhadapkeberadaan objek wisata kolam renang adalah positif. Persepsi wisatawan adalah ‘sangat setuju’ dalam hal kebersihan lingkungan, keamanan lingkungan, kualitas air yang baik, aksebilitas yang mudah dijangkau, tempat parkir yang nyaman, tarif tiket sangat terjangkau, keramahan petugas dalam melayani pengunjung, keberadaan objek wisata yang bermanfaat terhadap masyarakat sekitar. Stategi pemasaran objek wisata menggunakan berada pada matrik Internal-Eksternal sel 1 atau sel growth. Alternatif strategi pemasaran objek wisata Kolam Renang Idaman  yang dihasilkan  dan alternative  strategi  dari  beberapa stakeholder,   ada  beberapa   yang  bisa   dilakukan   dan  belum  dapat dilakukan.

Pembangunan pada tahun ini berupa pembuatan kolam renang baru, penambahan tempat duduk di sepanjang lokasi, pembangunan tempat kuliner di satu area, serta pembuatan beberapa gazebo.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI