DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PERSEPSI PENGUNJUNG DAN STRATEGI PEMASARAN OBJEK WISATA KOLAM RENANG IDAMAN DI KOTA BANJARBARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN | |
PENGARANG | : | Syadzwina | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-02-11 |
ABSTRAK
Syadzwina, 2020. Persepsi Pengunjung dan Strategi Pemasaran Objek Wisata Kolam Renang Idaman di Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan. Tesis. Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru. Pembimbing: Prof. Dr. Ir. Hj. Emmy Sri Mahreda, M.P. ; Dr. Emmy Lili Mantik, S.Pi., M.P.; Dr. Ir. Eko Rini Indrayatie, M.P.
Kata Kunci : Skala Likert, Persepsi, wisatawan
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengelolaan objek wisata Kolam Renang Idaman, menganalisis persepsi wisatawan terhadap objek wisata Kolam Renang Idaman, dan menganalisis alternatif strategi pemasaran objek wisata Kolam Renang Idaman. Penelitian ini bersifat dekripstif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik Accidental Sampling dengan jumlah sampel 30 orang. Data penelitian berupa data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Data sekunder berupa informasi dari dinas terkait dan studi pustaka. Untuk menjawab tujuan pertama dilakukan dengan cara deskriptif. Untuk menjawab tujuan kedua dilakukan dengan menggunakan analisis Skala Likert. Untuk menjawab tujuan ketiga dilakukan dengan menggunakan Analisis Strengths, Weakneeses, Opportunities, dan Treaths (SWOT) dengan matrik internal-eksternal. Lokasi penelitian bertempat di objek wisata Kolam Renang Idaman Kota Banjarbaru. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan objek wisata Kolam Renang Idaman sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 061/Menkes/Per/I/19991 mengenai standar lokasi. Dan berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) RI No. 5 Tahun 2018 tentang K3 Lingkungan Kerja dan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2017 menurut laporan mahasiwa kesehatan masyarakat yang penelitian dilokasi tersebut bahwa pengelolaan objek wisata tersebut tergolong baik.
Berdasarkan keadaan di lapangan, jarang adanya laporan mengenai keluhan kualitas air namun hal ini belum dapat disimpulkan secara pasti karena mereka tidak melakukan uji laboratorium dan tidak memiliki berkasnya meskipun secara umum terlihat baik. Persepsi pengunjung terhadapkeberadaan objek wisata kolam renang adalah positif. Persepsi wisatawan adalah ‘sangat setuju’ dalam hal kebersihan lingkungan, keamanan lingkungan, kualitas air yang baik, aksebilitas yang mudah dijangkau, tempat parkir yang nyaman, tarif tiket sangat terjangkau, keramahan petugas dalam melayani pengunjung, keberadaan objek wisata yang bermanfaat terhadap masyarakat sekitar. Stategi pemasaran objek wisata menggunakan berada pada matrik Internal-Eksternal sel 1 atau sel growth. Alternatif strategi pemasaran objek wisata Kolam Renang Idaman yang dihasilkan dan alternative strategi dari beberapa stakeholder, ada beberapa yang bisa dilakukan dan belum dapat dilakukan.
Pembangunan pada tahun ini berupa pembuatan kolam renang baru, penambahan tempat duduk di sepanjang lokasi, pembangunan tempat kuliner di satu area, serta pembuatan beberapa gazebo.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI