DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:Hairullah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-21


ABSTRAK

Hairullah, D1A114227, “Kualitas Pelayanan Pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banjarmasin”. Dibawah bimbingan Widyakanti selaku pembimbing I dan Varinia Pura Damaiyanti selaku pembimbing II.

Izin Mendirikan Bangunan (IMB) adalah izin yang diberikan oleh Pemerintah Daerah kepada pribadi atau badan usaha untuk mengatur mengawasi serta mengendalikan terhadap setiap kegiatan membangun, memperbaiki, merombak atau merobohkan bangunan agar desain pelaksanaan pembangunan sesuai dengan tata ruang yang berlaku. Adapun tujuan dari IMB ini adalah terwujudnya tertib bangunan yang aman, nyaman, serasi, dan seimbang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui Kualitas Pelayanan Pembuatan Izin Mendirikan Bangunan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif, dan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan distribusi frekuensi dan central tendency.

Hasil penelitian ini menunjukkan Kualitas Pelayanan Pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banjarmasin sudah dapat dikatakan Baik, dimana rata-rata rasio kualitas pelayanan keseluruhan dimensi sebesar 81,14%. Sedangkan jika dirinci berdasarkan masing-masing dimensi, maka hasilnya adalah sebagai berikut: pada dimensi Tangibles (Berwujud) sebesar 83,8%, dimensi Reliability (Kehandalan) sebesar 83,5%, dimensi Responsiveness (Respon/Ketanggapan) sebesar 79,6%, dimensi Assurance (Jaminan) sebesar 78,9%, dan dimensi Empathy (Empati) sebesar 79,9%.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Izin Mendirikan Bangunan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI