DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS HYPERMEDIA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING
PENGARANG:SYARIF HIDAYATULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-22


Abstrak.

Penggunaan media pembelajaran perbantuan komputer diharapkan dapat mempermudah guru dalam penyampaian materi kepada siswanya. Komputer memiliki peran sebagai media pembantu atau penunjang dalam proses pembelajaran atau biasa dikenal dengan istilah Pembelajaran Berbantu Komputer atau Computer-Assisted Instruction (CAI). Salah satu teknologi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah media pembelajaran interaktif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis hypermedia pada materi garis dan sudut menggunakan metode problem solving dan mengetahui kelayakan media beradasarkan hasil validasi ahli, mengetahui keefektifitasan perangkat pembelajaran berdasarkan peningkatan hasil belajar siswa dalam menggunakan media serta mengetahui hasil respon pengguna dalam mengukur kepraktisan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan media pembelajaran interaktif dapat dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML, CSS, JavaScript, dan Flash. Hasil validasi kelayakan media pembelajaran interaktif  oleh ahli media didapatkan sebesar 77,38% dalam kategori layak, sedangkan oleh ahli materi didapatkan sebesar 82,11% dalam kategori sangat layak. Keefektifitasan perangkat pembelajaran diukur dengan uji n-gain dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada pretest dan posttest memiliki nilai rata-rata sebesar 0,56 dalam kategori sedang. Hasil respon pengguna untuk mengukur kepraktisan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan didapatkan hasil respon siswa sebesar 88,73% dalam kategori sangat baik, sedangkan hasil respon guru sebesar 89,47% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validitas, keefektifitasan, dan kepraktisan maka media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dapat dikatakan valid, efektif, dan praktis.

 

Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Hypermedia, Problem Solving

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI