DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap PATEN di Kantor Kecamatan Banjarmasin Barat | |
PENGARANG | : | MUHAMMAD SYUPIAN SAURI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-03-31 |
INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PATEN DI KANTOR KECAMATAN BANJARMASI BARAT
MUHAMMAD SYUPIAN SAURI
ABSTRAK
Penelitian ini bermula dari keluhan masyarakat terhadap Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan ( PATEN ) dalam pelayanan publik di kantor Kecamatan Banjarmasin Barat. Sebagian besar adalah Masyarakat yang menginginkan pelayanan publik bisa dipercepat tanpa menunggu lama sehingga pelayanan publik bisa terlaksana dengan efektif. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 tentang pedomanpenyusunan survei kepuasan masyarakat unit penyelenggara layanan publik dimana tujuannya adalah untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik. Penelitian ini dengan judul “Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap PATEN Di Kantor Kecamatan Banjarmasin Barat”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pengguna Pelayanan Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kantor Kecamatan Banjarmasin Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif menggunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti kuisioner, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka survei kepuasaan masyarakat yang terdiri dari 9 indikator, maka ada indikator yang harus diperbaiki, yakni indikator Perilaku Petugas, Sarana dan Prasarana, dan Penanganan Pengaduan, sedangkan indikator yang dipertahankan adalah indikator Persyaratan, Prosedur, Spesifikasi Produk, kecepatan waktu, Biaya, Produk pelayanan dan Kompetensi Petugas, Berdasarkan perhitungan SKM maka diperoleh hasil sebesar 74,35 dibandingkan dengan tabel II berada di antara 65,00 – 76,60 dengan nilai interval C dikonversikan dengan mutu Kinerja Unit Pelayanan berada pada posisi Kurang Baik. adapun hal yang perlu diperbaiki 1.Pada Indikator Perilaku Petugas hendaknya para Petugas penyedia layanan publik di kantor kecamatan Banjarmasin Barat agar tidak acuh kepada para pengguna layanan publik. 2 Indikator Sarana dan Prasarana yang disediakan hendaknya lebih dirawat agar bisa berfungsi dengan maksimal sehingga membuat nyaman para pengguna layanan Kantor Kecamatan Banjarmasin Barat pada saat menunggu 3 Indikator Penanganan Pengaduan dilaksanakan dengan Online dengan E-LAPOR tetapi masih sulit diakses karena servernya masih digunakan untuk berbagai kepentingan, untuk itu perlu memperbesar server agar jaringan lebih cepat diketahui dan langsung ditangani
Kata Kunci: Indeks, Kepuasan, Pelayanan Terpadu Kecamatan
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI