DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN LITERATUR: FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT
PENGARANG:WINDA LESTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-13


ABSTRAK

 

KAJIAN LITERATUR: FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DIRUMAH SAKIT

Lestari W

 

Latar belakang: Rendahnya kualitas mutu pelayanan sehingga tingkat kepuasan pasien belom memenuhi kriteria pelayanan minimum yaitu 95% yang dipengaruhi oleh beberapa faktor sehingga derajat kepuasan masih rendah.

Tujuan: Untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan

pasien rawa inap dirumah sakit

Metode: Studi ini menggunakan literature review, dari dua basis data elektronik; Google Scholar dan Garuda dalam rentang tahun 2015-2020 ditemukan sepuluh literatur yang sesuai dengan kata kunci.

Hasil: Hasil sintesis data pada 10 artikel jurnal 5 artikel jurnal menyatakan bahwa tingkat kepuasan pasien rendah karena komunikasi kurang efektif, 4 artikel jurnal menyatakan bahwa tingkat kepuasan rendah karena kualitas mutu pelayanan, dan 1 artikel jurnal menyatakan bahwa tingkat kepuasan pasien rendah karena penjadwalan dinas.

Pembahasan: Kepuasan pasien pada mutu pelayanan yang diberikan tenaga

keperawatan terhadap klien selama mendapatkan perawatan dirumah sakit, pelayanan, dan asuhan keperawatan yang diterima oleh pasien merupakan bentuk pelayanan professional yang dapat meningkatkan kepuasan pasien rawat inap dan meningkatnya kualitas mutu pelayanan kesehatan.

 

Kata Kunci: pasien, rawat inap, tingkat kepuasan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI