DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LATIHAN LARI FARTLEK TERHADAP PENINGKATAN DAYA TAHAN PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMP NEGERI 5 BANJARBARU
PENGARANG:AGUS ARIANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-08


ABSTRAK

AGUS ARIANTO. 2018 : Pengaruh Latihan Fartlek Terhadap Peningkatan Daya  Tahan Peserta Ekstrakurikuler Futsal SMP Negeri 5 Banjarbaru. Skripsi, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (JPOK). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru 2018. Dosen Pembimbing: (I) Rahmadi. S.Pd, M.Pd. (II) Mita Erliana. S.Pd, M.Pd.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Ada tidaknya pengaruh latihan Fartlek Terhadap Peningkatan Daya  Tahan Peserta Ekstrakurikuler Futsal SMP Negeri 5 Banjarbaru.

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (pre-experimental design) dengan instrument tes daya tahan. Rancangan penelitian menggunakan pretest dan posttest dalam satu kelompok.

 

Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler futsal yang berjumlah 12 orang dan yang menjadi sampel berjumlah 12 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling seadanya.

 

Data yang terkumpul selama penelitian adalah data tentang tes awal  dan tes akhir.  Hasil dari data tes awal daya tahan  lari 2.400 meter yang dilakukan oleh  peserta ekstrakurikuler futsal SMP Negeri 5 Banjarbaru, dapat diperoleh dengan hasil tercepat 12,23 menit, hasil terlambat 16,48 menit dan dengan rata-rata waktu tes awal yaitu 14,13 menit. Sedangkan pada tes akhir  daya tahan lari 2.400 meter yang dilakukan oleh peserta ekstrakurikuler futsal SMP Negeri 5 Banjarbaru dengan hasil tercepat 11,33 menit, hasil terlambat 15,56 menit dan dengan waktu rata-rata tes akhir yaitu 13,27 menit.

 

Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh latihan fartlek  terhadap daya tahan peserta ekstrakurikuler futsal SMP Negeri 5 Banjarbaru.

 

Kata Kunci: Fartlek, Daya Tahan, peserta ekstrakurikuler futsal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI