DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Peran Orang Tua dan Pola Asuh Orang Tua melalui Perilaku Sosial Anak terhadap Kemandirian Anak Kelompok B di TK Gugus Kemuning Kecamatan Banjarmasin Tengah
PENGARANG:MUTIA RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-10


Rahmah, Mutia. 2021. Pengaruh Peran Orang Tua dan Pola Asuh Orang Tua melalui Perilaku Sosial Anak terhadap Kemandirian Anak Kelompok B di TK Gugus Kemuning Kecamatan Banjarmasin Tengah. Tesis Program Magister Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc. dan (2) Dr. Erny Wahdini, M.Pd.

 

Kata Kunci: Peran orang tua,  Pola asuh orang tua, Perilaku sosial, Kemandirian.

 

Kemandirian merupakan salah satu aspek kepribadian yang penting bagi perkembangan anak, hal ini terkait dengan aspek kepribadian yang lain dan harus dilatih pada anak sedini mungkin  agar tidak ada nya hambatan pada perkembangan anak selanjutnya. Kemandirian pada anak tidak terbentuk dengan sendirinya. Kemandirian anak di bentuk berdasarkan kemauan, dorongan dari orang sekitar serta lingkungan anak. Dari hasil pengamatan dan wawancara awal, dapat disimpulkan bahwa tingkat tingkat kemandirian anak masih tergolong rendah. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikandanmenganalisispengaruh peran orang tua dan pola asuh orang tua melalui perilaku sosial anak terhadap kemandirian anak.

Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan teknik regresi (regresi research). Populasi penelitian sebanyak 348 orangtuadan diambil 186 responden sebagai sampel penelitian dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diuji validitasnya menggunakan teknik item-total correlation, dan uji reliabilitas menggunakan teknik Cronbach Alpha. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linier, dan analisisjalur.

Hasilpenelitiandisimpulkanbahwa:(1)terdapathubunganlangsungyangpositif dan signifikan antara peran orang tua dan kemandirian; peran orang tua dan perilaku sosial; pola asuh orang tua dan kemandirian anak; pola asuh dan perilaku sosial; perilaku sosial dan kemandirian; dan (2) terdapat hubungan tak langsung yang positif dan signifikan antara peran orang tua melalui perilaku sosial anak terhadap kemandirian anak; pola asuh orang tua melalui perilaku sosial anak terhadap kemandirian anak

Berdasarkanhasilpenelitiandisarankankepadaorangtua,guru,dankepalasatuan TK agar menjalin komunikasi orangtua memahami dengan baik cara mendidik anak sehingga dapat memberikan kemandirian pada anak anak dan mereka dapat memahami diri mereka di masa yang akan datang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI