DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Inovasi Pelayanan Samsat Online Terhadap Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Pada Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Kota Banjarbaru
PENGARANG:DIANNITA SUSANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-09


 

ABSTRAK

 

Diannita Susanti, 1710411320010, 2021, Inovasi Pelayanan Samsat Online Terhadap Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Pada Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Kota Banjarbaru Dibawah bimbingan Asmu’i

 

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana inovasi pelayanan samsat online terhadap pembayaran pajak kendaraan bermotor pada Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Kota Banjarbarujika dilihat dari sudut pandang pelayanan kepada masyarakat dan faktor-faktor yang menjadi penghambat jalannya Inovasi Pelayanan Samsat Online Terhadap Pembayaran Pajak Kendaran Bermotor Pada Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Kota Banjarbaru.

 

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Informan penelitian ini adalah Kepala Seksi Pelayanan PKB/BBN-KB, Petugas Loket Pelayanan Pembayaran Pajak Online, dan Masyarakat yang membayar pajak di loket Samsat Online Kota Banjarbaru. Teknik analisa data menggunakan tahapan menurut Miles dsn Huberman yakni, pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi  Pelayanan Samsat Online Terhadap Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Pada Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Kota Banjarbaru dilakukan dengan Relative Advantage, Compability, Complexity, Triability, Observability sudah berjalan dengan cukup efektif. Dalam hal inovasinya dilhat dari wajib pajak mengisi formulir pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) dan menyerahkan bersama dengan berkas data kendaraan sudah mengetahui persyaratan tersebut. Kedua, Meneliti dan memvalidasi kelengkapan berkas persyaratan PKB dari segi pelayanan cepat dan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang sudah ditetapkan. Ketiga, Menerima penetapan perhitungan besaran pajak dan mencetak SKPD kemudian menyerahkan kepada wajib pajak, di dalam hal ini masih terjadi kendala dapat dilihat dari faktor penghambat Inovasi Pelayanan Samsat Online Terhadap Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Pada Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Kota Banjarbaru yaitu: (1) Faktor teknis. (2) faktor kurangnya sosialisasi.

 

Untuk meningkatkan pelayanan samsat online terhadap pembayaran pajak kendaraan bermotor adapun pada Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Kota Banjarbaru dapat disarankan: (1) segera meningkatkan pelayanan pajak onine, jika ada gangguan teknis yang terjadi seharusnya ada cadangan untuk menggantikan jaringan utama sehingga wajib pajak tidak lama menunggu. (2) segera melakukan terkait pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor online atau pelayanan pajak online.

 

 

 

Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan Publik, Pajak Online

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI