DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kualitas Pelayanan E-Samsat Pada Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Roda Dua Di Kantor Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Samsat Kota Banjarbaru
PENGARANG:ZAKIAH AINUN BIRDHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-23


 

ABSTRAK

Zakiah Ainun Birdha, 1710411320046, 2021, “Kualitas Pelayanan E-Samsat Pada Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Roda Dua Di Kantor Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Kota Bajarbaru”. Dibawah Bimbingan Tomi Oktavianor.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik dalam Pelayanan E-Samsat Pada Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor PKB Di Kantor Unit Peayanan Pendapatan Daerah Samsat Kota Banjarbaru dimana pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat menjadi salah satu indikator dari keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

            Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan data primer dari wawancara dan data sekunder berupa dokumen, jurnal dan buku serta peraturan dan internet, teknik pegumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik yang dirumuskan oleh Miles dan Huberman dalam Afrizal (2017:180) dimana ada tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan publik dalam pelayanan e-samsat pada pembayaran pajak kendaraan bemotor PKB Di Kantor Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Samsat Kota Banjarbaru yang diukur dengan menggunakan 4 indikator kualitas pelayanan elektronik belum cukup berkualitas karena pelayanan yang masih ditahap adaptasi. Adapun hambatan dalam pelayanan elektronik yaitu masih ada masyarakat yang mengalai gangguan server dan pelayanan pembayaran e-samsat belum sepenuhnya menjadi full online system dalam penggunaanya, sehingga masyarakat harus datang kembali ke Kantor Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Samsat Kota Banjarbaru, hal ini masih jauh dari harapkan masyarakat untuk mempermudah agar lebih efisien dan efektif.

            Saran dari peneliti Kepada Kantor Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Samsat Kota Banjarbaru juga perlu menjadikan pelayanan e-samsat sepenuhnya menjadi full online system dalam penggunaanya, untuk mempermudah masyarakat agar lebih efisien dan efektif.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan,E-Samsat, Pajak Kendaraan Bermotor

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI