DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN APLIKASI “ZOOM” DI KELAS VIII SMPN 24 BANJARMASIN
PENGARANG:AJENG MEGA SILVIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-24


Kata Kunci: efektivitas, pembelajaran daring, aplikasi zoom

     Penyebaran Covid-19 di Indonesia menyebabkan pembelajaran tatap muka tidak dapat dilaksanakan sehingga diberlakukannya pembelajaran jarak jauh dengan pembelajaran daring. Pembelajaran daring memanfaatkan aplikasi yang dapat mendukung proses pelaksanaan pembelajaran seperti WhatsApp, Zoom, dan Google Form. Guru juga menggunakan aplikasi Zoom untuk melakukan pembelajaran daring dengan melakukan pertemuan virtual dan berinteraksi dengan siswa. Namun, pada pelaksanaannya pembelajaran daring ini tidak sepenuhnya berlangsung secara efektif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas pembelajaran daring Bahasa Indonesia menggunakan aplikasi Zoom.

     Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah 64 siswa Kelas VIII-D dan VIII-H di SMPN 24 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada tiga, yaitu observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

     Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring menggunakan aplikasi Zoom berjalan efektif. Faktor pendukung yang membuat pembelajaran daring dalam penelitian ini efektif ialah tingkat kreativitas guru dalam pembelajaran lebih bervariasi, penjelasan yang komprehensif membuat aspek psikomotorik dalam pembelajaran baik, dan sinyal internet yang lancar dapat membantu pembelajaran daring berjalan dengan baik. Tujuan dan bahan ajar yang disediakan oleh guru sudah baik. Terjadi interaksi antara guru dan siswa sehingga membuat tingkat pemahaman siswa lebih baik. Penggunaan bahasa oleh guru dalam berkomunikasi sudah jelas sehingga memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran. Siswa tidak mengalami kesulitan dalam melakukan pembelajaran daring. Biaya yang diperlukan dalam pembelajaran daring tidak memberatkan siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI