DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PROMOTION MIX SHOPEE TERHADAP BRAND AWARENESS DAN DAMPAKNYA PADA MINAT BELI KONSUMEN (Studi Pada Masyarakat Pengguna Shopee di Kota Banjarmasin)
PENGARANG:MUHAMMAD ALDY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-06


ABSTRAK

Muhammad Aldy, 1710414310028, 2021, Pengaruh Promotion Mix Shopee Terhadap Brand Awareness dan Dampaknya Pada Minat Beli Konsumen (Studi Pada Masyarakat Pengguna Shopee Di Kota Banjarmasin). Dibimbing oleh Sarwani dan Muhammad Muthahari Ramadhani.

Shopee adalah platform digital dalam bidang jual beli yang berbentuk ecommerce untuk menghubungkan antara penjual dengan pembeli melalui sarana aplikasi mobile. Shopee merupakan ecommerce yang cukup gencar dalam melakukan kegiatan promotion mix, dan terbukti pada tahun 2020 Shopee berhasil menjadi ecommerce yang memiliki traffic pengunjung aplikasi terbanyak secara empat kuartal berturut-turtut dengan rentang kunjungan antara 95-130 juta orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Promotion Mix sebagai variabel (X) terhadap Brand Awareness sebagai variabel (Y) dan dampaknya pada Minat Beli Pengguna Shopee di Kota Banjarmasin sebagai variabel (Z). Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan paradigma kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Sampel terdiri dari 348 responden yang dikumpulkan menggunakan teknik purposive nonprobability sampling dengan kriteria pernah bertrasaksi di Shopee minimal 2 kali, berusia 17 hingga 45 tahun, dan pernah melihat iklan Shopee. Pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi. sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan tingkat signifikansi 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa promotion mix secara langsung berpengaruh signifikan terhadap brand awareness sebesar 0,697 atau 48,6%, promotion mix secara langsung berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen sebesar 0,424 atau 18%, brand awareness secara langsung berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen sebesar 0,411 atau 17%. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara simultan promotion mix terhadap brand awareness dan dampaknya pada minat beli konsumen sebesar 0,286 dengan signifikansi 0,00 < 0,05 Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga semakin tinggi promotion mix yang dilakukanmaka semakin tinggi pula brand awareness dan dampaknya pada minat beli konsumen.

Kata Kunci: Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Promotion Mix, Brand Awareness, Minat Beli Konsumen, Shopee.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI