DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH TERPAAN IKLAN TERHADAP PERUBAHAN TINGKAT KOGNITIF ORANG TUA SISWA (Studi Eksperimen Pemberian Treatment Menonton Video Literasi Digital pada Orang Tua-Wali TK Aisyiyah Bustanul Athfal, Golf Landasan Ulin)
PENGARANG:RENALDI WIBOWO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-07


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh penggunaan media video dalam mempersuasi perspektif pola pikir orang tua terhadap suatu permasalahan yang tengah di hadapi pada dinamika permasalahan sosial di era disruptif, 2) Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap kualitas pola didik anak, 3) hubungan antara pengaruh dari pemberian stimulus respons terhadap pola pikir orang tua wali tk Aisyiyah Bustanul Athfal Golf Landasan Ulin.

Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini terdiri dari 2 kelompok orang tua ibu TK Aisyiyah Bustanul Athfal Golf Landasan Ulin sebagai kelompok eksperimen dan TK Tunas Bangsa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan analisis korelasi, pada hasil analisis sample paired t-test dengan nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 pada kelompok eksperimen. Dimana pada skor rerataan pre-test pada kelompok eksperimen sebesar 3,92 sedangkan skor rerataan post-test meningkat menjadi 8,38. Nilai T-hitung sebesar 12.377 dan nilai t-tabel dengan degree of freedom (df) 20 sebesar 2.173. Hal ini menunjukan terdapat perbedaan signifikan tingkat kognitif orang tua mengenai pentingnya pola asuh digital sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa paparan media video iklan layanan masyarakat. pada hasil analisis independent sample t-test dengan nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dimana skor rataan post-test kelompok eksperimen sebesar 8,38 sedangkan post-test pada kelompok kontrol hanya sebesar 3,54. Nilai T-hitung besar 13.593 dan nilai t-tabel dengan degree of freedom (df) 40 sebesar 2.032. Hal ini menunjukan terdapat perbedaan signifikan tingkat kognitif orang tua yang diberikan perlakuan dengan media video iklan layanan masyarakat dengan orang tua yang tidak diberikan paparan media video iklan layanan masyarakat. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh dari video iklan layanan masyarakat terhadap pola pikir orang tua wali tk Aisyiyah Bustanul Athfal Golf Landasan Ulin tentang pentingnya pola didik anak.

Kata Kunci : Periklanan, pola asuh anak, literasi digital

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI