DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ATRAKSI WISATA BAMBOO RAFTING LOKSADO DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA DINAS PEMUDA OLAHRAGA DAN PARIWISATA HULU SUNGAI SELATAN)
PENGARANG:MUHAMMAD IQBAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-11


ABSTRAK

 

Muhammad Iqbal, 1710414110017, 2021, Strategi Komunikasi Pemasaran Atraksi Wisata Bamboo Rafting Loksado Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Deskriptif Kualitatif pada Dinas Pemuda Olahraga Dan Pariwisata Hulu Sungai Selatan). Di bawah bimbingan Lalita Hanief, S.Sos., M.Si dan Putri Ayu Hidayatur Rafiqoh., Spd., MA.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran pariwisata serta pelaksanaan promosi pada atraksi wisata Bamboo Rafting yang dijalankan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Hulu Sungai Selatan. 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisa data model interaktif. 

Hasil penelitian menunjukan bahwa Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Hulu Sungai Selatan melakukan strategi pemasaran pariwisata dengan berfokus pada elemen produk, harga, tempat dan promosi. Menerapkan beberapa bauran komunikasi pemasaran guna meningkatkan kunjungan wisatawan, dari seluruh bauran promosi yang telah dijalankan diketahui bauran promosi pemasaran yang paling efektif adalah promosi melalui internet dengan menggunakan media sosial dan pelaksanaan sebuah event. Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata (SKPP) menggunakan pendekatan grand strategy, pull and push strategy, strategi penetrasi dan competitive strategy. Dari strategi yang telah dijalankan, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Hulu Sungai Selatan berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan dengan peningkatan yang cukup signifikan setiap tahunnya. 

 

Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Pemasaran, Pariwisata, Bamboo Rafting, HSS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI