DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONSTRUKSI CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN MUSTIKA RATU (Analisis Semiotik pada Iklan Mustika Ratu Edisi Manfaat Minyak Zaitun Versi Amanda Manopo)
PENGARANG:MIA KARISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-21


 

Mia Karisa, 1610414320018, 2021, Kontruksi Citra Perempuan dalam Iklan Mustika Ratu Edisi Manfaat Minyak Zaitun (Analisis Semiotik pada Iklan Mustika Ratu edisi Manfaat Minyak Zaitun versi Amanda Manopo). Dibimbing oleh Atika dan Noviana Sari.

Beragam pencitraan mengenai perempuan ditampilkan pada iklan, dapat berupa citra positif maupun negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dari konstruksi citra perempuan pada iklan Mustika Ratu edisi Manfaat Minyak Zaitun versi Amanda Manopo.

Teori interaksi simbolik digunakan sebagai bahan kajian dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Kemudian data dianalisa menggunakan konsep analisis semiotika Roland Barthes yang terdiri dari denotasi, konotasi dan mitos.

Setelah menganalisis 8 shot iklan Mustika Ratu menggunakan analisis semiotika Roland Barthes, maka dapat kesimpulan bahwa hanya terdapat satu citra yang berhubungan erat dengan gambar dan narasi dari iklan tersebut yaitu citra pilar. Hal ini berhubungan dengan produk yang ditawarkan yaitu produk kecantikan. Untuk shot lainnya, sosok perempuan pada iklan tersebut digambarkan sebagai perempuan mandiri yang tidak terjebak pada konstruksi yang telah dibuat oleh media massa.

 

Kata Kunci: Iklan, Citra Perempuan, Mustika Ratu, Semiotika

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI