DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (E-KTP) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KANTOR KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:BAGUS ANDRYA PANGESTU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-24


ABSTRAK 

Bagus Andrya Pangestu. 1610411610005, 2021. Kualitas Pelayanan Publik Terhadap 

Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-Ktp) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di 

Kantor Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Dibimbing oleh Aulia.

Pada dasarnya memperoleh pelayanan yang baik bagi masyarakat adalah merupakan sebuah 

hak dan wajib dipenuhi oleh pemerintah sebagai lembaga yang menjalankan fungsi pelayanan. E?KTP merupakan dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan / 

pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan 

berbasis pada database kependudukan nasional. Pada masa covid-19 diketahui ada 

beberapa pelayanan publik yang tidak bisa dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan 

untuk mengetahui kualitas Pelayanan Publik, faktor pendukung dan penghambat terhadap 

Pembuatan e-KTP Pada Masa Pandemi COVID-19 di Kantor Kecamatan Halong di Kabupaten 

Balangan.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, adalah metode kualitatif dengan 

tipe deskriptif. Informan Kunci Penelitian Camat Halong, Kepala Seksi Pelayanan Umum, Aparat 

Kecamatan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Pembuatan e-KTP 

Pada Masa Pandemi COVID-19 di Kantor Kecamatan Halong di Kabupaten Balangan berjalan 

sesuai dengan Standar Operasional yang berlaku, pelayanan tetap dilaksanakan dengan baik 

dengan cara datang ketempat dan petugas memberikan pelayanan berupa pelayanan e-KTP. 

Sedangkan faktor pendukung yang ada pada pelayanan e-KTP tersedianya sarana dan prasarana 

yang nyaman dan lengkap, sedangkan faktor penghambatnya waktu penyelesaian e-KTP yang 

terkadang tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan. 

Saran peneliti, dengan adanya hasil penelitian ini, diharapkan bisa menjadi bahan evaluasi 

bagi Kantor Kecamatan Halong untuk mempertahankan pelayanan yang baik, dan memperbaiki 

pelayanan yang masih dianggap kurang oleh masyarakat. 

Kata Kunci: e-KTP, Kualitas Pelayanan, Covid-19.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI