DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (E-KTP) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KANTOR KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN | |
PENGARANG | : | BAGUS ANDRYA PANGESTU | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-09-24 |
ABSTRAK
Bagus Andrya Pangestu. 1610411610005, 2021. Kualitas Pelayanan Publik Terhadap
Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-Ktp) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di
Kantor Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Dibimbing oleh Aulia.
Pada dasarnya memperoleh pelayanan yang baik bagi masyarakat adalah merupakan sebuah
hak dan wajib dipenuhi oleh pemerintah sebagai lembaga yang menjalankan fungsi pelayanan. E?KTP merupakan dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan /
pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan
berbasis pada database kependudukan nasional. Pada masa covid-19 diketahui ada
beberapa pelayanan publik yang tidak bisa dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui kualitas Pelayanan Publik, faktor pendukung dan penghambat terhadap
Pembuatan e-KTP Pada Masa Pandemi COVID-19 di Kantor Kecamatan Halong di Kabupaten
Balangan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, adalah metode kualitatif dengan
tipe deskriptif. Informan Kunci Penelitian Camat Halong, Kepala Seksi Pelayanan Umum, Aparat
Kecamatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Pembuatan e-KTP
Pada Masa Pandemi COVID-19 di Kantor Kecamatan Halong di Kabupaten Balangan berjalan
sesuai dengan Standar Operasional yang berlaku, pelayanan tetap dilaksanakan dengan baik
dengan cara datang ketempat dan petugas memberikan pelayanan berupa pelayanan e-KTP.
Sedangkan faktor pendukung yang ada pada pelayanan e-KTP tersedianya sarana dan prasarana
yang nyaman dan lengkap, sedangkan faktor penghambatnya waktu penyelesaian e-KTP yang
terkadang tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan.
Saran peneliti, dengan adanya hasil penelitian ini, diharapkan bisa menjadi bahan evaluasi
bagi Kantor Kecamatan Halong untuk mempertahankan pelayanan yang baik, dan memperbaiki
pelayanan yang masih dianggap kurang oleh masyarakat.
Kata Kunci: e-KTP, Kualitas Pelayanan, Covid-19.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI