DIGITAL LIBRARY



JUDUL:REPRESENTASI BENTUK PERJUANGAN DALAM FILM ANIMASI “BATTLE OF SURABAYA” (ANALISIS SEMIOTIKA MODEL CHARLES SANDERS PEIRCE)
PENGARANG:MUTHIA ULFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-17


Muthia Ulfah, D1C115077, 2019, Representasi Bentuk Perjuangan Dalam Film Animasi “Battle Of Surabaya” (Analisis Semiotika Model Charles Sanders Peirce), dibimbing oleh Lalita Hanief dan Siswanto Rawali.

Film animasi 2D Indonesia karya sutradara Aryanto Yuniawan yaitu “Battle of Surabaya” dikenal juga dengan judul lain yaitu “November 10th”. Film ini mengadaptasi kejadian silam yang terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Surabaya. Battle of Surabaya dirilis serentak pada tanggal 20 Agustus 2015 di seluruh bioskop Indonesia dan memenangan lebih dari 20 penghargaan internasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi bentuk perjuangan yang terkandung dalam film tersebut.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif  dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisa yang digunakan adalah semitoika model Charles Sanders Pierce yang membagi semiotika dalam tiga bagian yaitu Tanda, Objek, dan Interpretasi.

Hasil penelitian menunjukkan adanya representasi bentuk perjuangan sesuai dengan konsep perjuangan Moedjanto, yaitu bentuk perjuangan fisik dan perjuangan diplomasi. Terdapat 11 scene yang mengandung representasi bentuk perjuangan, 11 scene merepresentasikan bentuk perjuangan fisik dan 1 scene merepresentasikan bentuk perjuangan diplomasi dari total 74 scene yang ada dalam film.

Kata Kunci: Film, Semiotika, Representasi, Battle of Surabaya, Perjuangan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI