DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Latihan Plyometrick Double Leg Bound Terhadap Peningkatan Power Otot Tungkai Pada Tim Bola Voli SMP Negeri 26 Banjarmasin
PENGARANG:MUHAMMAD RIZALI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-19


ABSTRAK

Muhammad Rizali, A1D113263. Pengaruh Latihan Plyometrick Double Leg Bound Terhadap Peningkatan Power Otot Tungkai Pada Tim Bola Voli SMP Negeri 26 Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Tri Irianto, M.Kes (II) Dr. H. Syamsul arifin, M.Pd.

 

Kata Kunci:   Pengaruh,  Plyometrick Double Leg Bound, Power Otot Tungkai

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari Latihan Plyometrick Double Leg Bound Terhadap Peningkatan Power Otot Tungkai Pada Tim Bola Voli SMP Negeri 26 Banjarmasin.Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan metode Pra-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah 20 pemain bola voli SMP Negeri 26 Banjarmasin sedangkanyang menjadi sampel adalah berjumlah13 pemain.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pra-eksperimental dengan teknik menggunakan rancangan pretest dan posttest dalam satu kelompok dengan memberikan perlakuan latihan berupa plyometrick double leg bound. Disusun dengan mengikuti pedoman dan prinsip-prinsip latihan dengan memadukan beberapa pendapat ilmuan kepelatihan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan yang diberikan dapat meningkatkan power otot tungkai pemain bola voli SMP Negeri 26 Banjarmasin. Perlakuan latihan berupa plyometrick double leg bound yang disusun dalam progam latihan selama 18 kali pertemuan.

Hasil perhitungan nilai rata-rata test awal power otot tungkai =49.85,sedangkan nilai rata-rata test akhir power otot tungkai =58.23.

Berdasarkan hasil analisis data dan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh latihan plyometrick double leg bound terhadap peningkatan otot tungkai pada tim bola voli SMP Negeri 26 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI