DIGITAL LIBRARY



JUDUL:REPRESENTASI KESENJANGAN KELAS SOSIAL DALAM FILM DRAMA KOREA (Analisis Semiotika John Fiske Tentang Representasi Disparitas Antar Kelas Sosial Dalam Film
PENGARANG:AHMAD RIZA WAHYUDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-29


ABSTRAK

Ahmad Riza Wahyudi (1610414610004), Representasi Kesenjangan Kelas Sosial Dalam Film Drama Korea (Analisis Semiotika John Fiske Tentang Representasi Disparitas Antar Kelas Sosial Dalam Film "Parasite (2019)" Karya Bong Joon Ho). Dibimbing Oleh Sarwani dan Muhammad Muthahhari Ramadhani.

 

Sebuah karya film dapat membawa dampak besar bagi penontonnya. Pola pikir dan sikap masyarakat pun dapat terbentuk dari objek yang dilihat, dan berbagai pendapat dapat muncul. Seseorang dapat menilai apapun dari objek yang dilihat dan diperoleh. Termasuk pandangan mengenai masalah sosial atau ketimpangan sosial. Dalam kehidupan di-era ini masyarakat sering kali memberikan pandangannya terhadap sesama manusia, yang mana seseorang memberikan penilaiannya berdasarkan status sosial. Film Parasite merupakan gambaran kehidupan nyata dan sutradara film Bong Joon Ho mengemasnya ke dalamfilm thriller dan komedi cerdas. Parasite ini adalah salah satu contoh film yang mempresentasikan kesenjangan sosial dan kasta sosial yang dikemas yang dibungkus menjadi film yang menarik untuk ditonton. Penelitian ini menggunakan teori analisis semiotika oleh John Fiske dan teori Representasi serta Pertukaran Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan identifikasi terhadap jenis kesenjangan sosial dan kasta sosial yang terdapat dalam film Parasite, dan untuk mengetahui seberapa besar ambisi seseorang untuk merasakan dan menaikan kasta sosialnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan aspek yang dianalisis adalah level realitas, representasi dan ideologi,

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Film Parasite menceritakan tentang kesenjangan antar kelas sosial. Bentuk-bentuk kesenjangan tersebut terbagi dalam bidang sosial-ekonomi itu berupa: 1) disparitas dalam aspek tempat tinggal, 2) disparitas dalam aspek digital, 3) disparitas dalam aspek lapangan pekerjaan, 4) disparitas dalam aspek pendidikan, dan 5) disparitas dalam aspek gaya hidup yang digambarkan melalui tanda verbal berupa adegan-adegan dan dialog, yang didalamnya terdapat ideologi dan mitos (kebiasaan) yang dikaitkan dengan budaya masyarakat Korea Selatan. Strata sosial yang penulis temui dalam Film Parasite lebih mengarah pada achieved status, achieved status ini cara berusaha atau meraih dalam masyarakat ada dalam masyaralat yang menggunakan sistem lapisan terbuka dalam artian, siapa saja dapat mengejar achieved status ini. Bisa juga diartikan adalah status sosial yang didapat seseorang kerena kerja keras dan usaha yang dilakukannya seperti harta kekayaan, tingkat pendidikan, pekerjaan dan kehidupan bermasyarakat. Sutradara Bong Joon Ho mengambil gambaran dari isu kesenjangan antar kelas sosial yang terjadi di Korea Selatan melalui ideologi teori kelas sendok (????? atau Sujeo Gyegeumnon) yang menggolongkan masyarakat dalam kelompok-kelompok berdasarkan jumlah pendapatan dan kekayaan keluarga mereka. Kelas-kelas itu dikategorikan dalam sebutan sendok tanah, plastik, perunggu, perak, dan emas

 

Kata Kunci : Kesenjangan Sosial, Parasite,Analisis Semiotika, Disparitas, Representasi, Ideologi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI