DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI METODE TARGET COSTING SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM UPAYA PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (STUDI KASUS PADA UD. LA TAHZAN BAKERY DESA BAROKAH KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN TANAH BUMBU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN)
PENGARANG:DESSY AMELIA RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-23


ABSTRAKSI

 

Dessy Amelia Rahman, (2021) Implementasi Metode Target Costing Sebagai Alat Bantu Manajemen Dalam Upaya Pengendalian Biaya Produksi Pada UD. La Tahzan Bakery. Pembimbing : Ayu Oktaviani SE, M.Si, Ak, CA.

            Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui perhitungan biaya produksi pada UD. La Tahzan Bakery menggunakan metode Target Costing (2) untuk mengetahui perbandingan perhitungan biaya produksi menurut UD. La Tahzan Bakery dengan perhitungan biaya produksi menurut metode Target Costing.

            Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penerapan metode Target Costing pada UD. La Tahzan Bakery dapat menghasilkan biaya produksi yang lebih terkendali dan efisien. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan sumber data utama yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari sumber-sumber tertulis, yang diperoleh langsung dari pihak UD. La Tahzan Bakery. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif sehingga dapat menyajikan gambaran secara sistematis, pendapat secara faktual dan akurat mengenai permasalahan dan fakta-fakta yang ditemukan pada UD. La Tahzan Bakery dengan menggunakan teori-teori terkait.

            Berdasarkan penelitian ini didapatkan hasil penelitian perhitungan biaya produksi pada UD. La Tahzan Bakery menggunakan metode Target Costing dengan rekayasa nilai lebih kecil yaitu Rp.61.904.914 dibandingkan dengan perhitungan yang dilakukan UD. La Tahzan Bakery saat ini sebesar Rp.67.418.164. Hasil tersebut menunjukkan selisih Rp.5.513.250. Perbedaan perhitungan biaya produksi tersebut didapat karena adanya rekayasa nilai pergantian  bahan baku dan pergantian pemasok bahan baku. UD. La Tahzan Bakery sebaiknya menerapkan metode Target Costing karena terbukti mampu mengendalikan dan menekan biaya produksi agar lebih efisien.

 

Kata Kunci : Target Costing, Biaya Produksi, Pengendalian Biaya Produksi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI