DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PERAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN KALIMANTAN SELATAN DALAM PENCEGAHAN MALADMINISTRASI PELAYANAN PUBLIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | AULIA RAMADHAN | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-12-29 |
AuliaRamadhan.1710411610003.2021.PeranOmbudsmanRepublikIndonesiaPerwakilanKalimantanSelatanDalamPencegahanMaladministrasi Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di KotaBanjarmasin,di bawahbimbingan Enly Hadiyanor.
PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanbagaimanaperanOmbudsman Republik Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan dalam mencegahMaladministrasi pelayanan publik pada pandemi Covid-19 Di Kota BanjarmasindanmenganalisisapasajafaktorpendukungdanpenghambatOmbudsmanRepublikIndonesiaPerwakilanKalimantanSelatandalammencegahmaladministrasipelayananpublik pada pandemi covid-19Di KotaBanjarmasin.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumberdata primer berupa hasil wawancara dengan menggunakan pedoman wawancarayang disusun berdasarkan teori yang digunakan yaitu dimensi peran menurut EdySuhardono yang meliputi: kebijakan, strategi, dan komunikasi. Kemudian datadikumpulkanmelaluimelaluidialog/diskusidenganmelakukantanyajawabdenganinforman,yaitupegawaiOmbudsmanRepublikIndonesiaPerwakilanKalimantan Selatan. Teknik analisis data menggunakan teknik yang dirumuskanoleh Miles and Huberman dalam Sugiyono dimana ada tiga tahapan, yaitu reduksidata,penyajian data danpenarikan kesimpulan.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwadalammenjalankanperannyasebagaipengawaspenyelenggarapelayananpublik,OmbudsmanRepublikIndonesia Perwakilan Kalimantan Selatan dalam mencegah maladministrasi diKotaBanjarmasinmemilikibeberapakendalayaitukurangnyasumberdayamanusia dan dinas-dinas terlapor tidak dapat ditemui secara langsung. AdapunfaktorpendukungdalamupayapencegahanmaladministrasidiOmbudsmanRepublik IndonesiaPerwakilan Kalimantan Selatan pada masa pandemi yaituadanya itikad baik dari masing-masing instansi kondisi reformasi birokrasi yangmendoronginstansi pelayanan publik agar menjadi lebihbaik.
Hasil penelitian ini disarankan: 1. Ombudsman RI Perwakilan KalimantanSelatan perlu mengusulkan penambahan jumlah pegawai atau keanggotaan kepadaOmbudsmanpusat,2. Lebihbanyakmelakukansosialisasikepadamasyarakatagardapatditerimamasyarakatsehinggamasyarakatmenjadilebihtahudanpeduli akan lembaga pengawasanpelayananpublik, 3. Instansi penyelenggarapelayananpublikjugaharussadarbetulakantugasnyamulaidaridatayangterupdate,proses pelayanan yang sesuaistandar pelayanan.
Kata Kunci: Peran Ombudsman, Pencegahan Maladministrasi, Pandemi Covid –19
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI