DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN KALIMANTAN SELATAN DALAM PENCEGAHAN MALADMINISTRASI PELAYANAN PUBLIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:AULIA RAMADHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-29


 

AuliaRamadhan.1710411610003.2021.PeranOmbudsmanRepublikIndonesiaPerwakilanKalimantanSelatanDalamPencegahanMaladministrasi Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di KotaBanjarmasin,di bawahbimbingan Enly Hadiyanor.

 

PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanbagaimanaperanOmbudsman Republik Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan dalam mencegahMaladministrasi pelayanan publik pada pandemi Covid-19 Di Kota BanjarmasindanmenganalisisapasajafaktorpendukungdanpenghambatOmbudsmanRepublikIndonesiaPerwakilanKalimantanSelatandalammencegahmaladministrasipelayananpublik pada pandemi covid-19Di KotaBanjarmasin.

 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumberdata primer berupa hasil wawancara dengan menggunakan pedoman wawancarayang disusun berdasarkan teori yang digunakan yaitu dimensi peran menurut EdySuhardono yang meliputi: kebijakan, strategi, dan komunikasi. Kemudian datadikumpulkanmelaluimelaluidialog/diskusidenganmelakukantanyajawabdenganinforman,yaitupegawaiOmbudsmanRepublikIndonesiaPerwakilanKalimantan Selatan. Teknik analisis data menggunakan teknik yang dirumuskanoleh Miles and Huberman dalam Sugiyono dimana ada tiga tahapan, yaitu reduksidata,penyajian data danpenarikan kesimpulan.

 

Hasilpenelitianmenunjukkanbahwadalammenjalankanperannyasebagaipengawaspenyelenggarapelayananpublik,OmbudsmanRepublikIndonesia Perwakilan Kalimantan Selatan dalam mencegah maladministrasi diKotaBanjarmasinmemilikibeberapakendalayaitukurangnyasumberdayamanusia dan dinas-dinas terlapor tidak dapat ditemui secara langsung. AdapunfaktorpendukungdalamupayapencegahanmaladministrasidiOmbudsmanRepublik IndonesiaPerwakilan Kalimantan Selatan pada masa pandemi yaituadanya itikad baik dari masing-masing instansi kondisi reformasi birokrasi yangmendoronginstansi pelayanan publik agar menjadi lebihbaik.

 

Hasil penelitian ini disarankan: 1. Ombudsman RI Perwakilan KalimantanSelatan perlu mengusulkan penambahan jumlah pegawai atau keanggotaan kepadaOmbudsmanpusat,2. Lebihbanyakmelakukansosialisasikepadamasyarakatagardapatditerimamasyarakatsehinggamasyarakatmenjadilebihtahudanpeduli akan lembaga pengawasanpelayananpublik, 3. Instansi penyelenggarapelayananpublikjugaharussadarbetulakantugasnyamulaidaridatayangterupdate,proses pelayanan yang sesuaistandar pelayanan.

 

Kata Kunci: Peran Ombudsman, Pencegahan Maladministrasi, Pandemi Covid –19

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI