DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Strategi Pemasaran pada UMKM Terdampak Covid-19 dengan Metode TOWS ( Threats,Opportunities,Weakness,Strengths) dan ANP (Analytical Network Process) di Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:ABDILLAH HUSEN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-14


Abdillah Husen, Pengembangan Strategi Pemasaran Pada UMKM Terdampak

Covid-19 dengan Metode TOWS (Threats Opportunities Weakness, Strengths) dan

ANP (Analytical Network Process) Di Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan

Selatan, dibimbing Dr.Ir.Arief RM Akbar,M.Si.,IPU dan Alan Dwi Wibowo,

S.T.P., MT.

Perubahan lingkungan bisnis dimasa pandemi Covid-19 menuntut pelaku

bisnis untuk bisa bertahan dalam persaingan usaha. Persaingan dengan banyaknya

produk sejenis serta permasalahan pandemi Covid-19 saat ini, menjadikan pelaku

usaha perlu mengembangkan strategi pemasaran yang tepat agar usaha dapat tetap

bertahan dan terus berkembang di tengah masa pandemi. Salah satu dari beberapa

jenis UMKM di Kota Banjarbaru yang menjadi usaha unggulan atau produk

unggulan dan sangat terdampak dengan adanya pandemi Covid-19 yaitu adalah

UMKM Kerajinan Purun. Oleh karena itu, dalam upaya mengembangkan strategi

pemasaran dimasa pandemi, pelaku usaha perlu mengetahui suatu strategi yang

tepat. Ada tiga tujuan dalam penelitian ini yakni mengidentifikasi ancaman,

peluang, kelemahan dan kekuatan UMKM Kerajinan Purun di Kota Banjarbaru

selama masa dan pasca pandemi Covid-19, merumuskan alternatif perencanaan

strategi serta menentukan prioritas strategi pengembangan pemasaran. Dalam

menentukan strategi dilakukan identifikasi lingkungan eksternal dan internal yang

mencakup ancaman, peluang, kelemahan dan kekuatan berdasarkan faktor-faktor

pengembangan pemasaran dari aspek ekonomi, sosial budaya dan lingkungan. Hasil

dari identifikasi lingkungan eksternal dan internal selanjutnya dianalisis

menggunakan matriks IFE, matriks EFE, matriks IE dan matriks TOWS. Untuk

menentukan strategi prioritas digunakan metode Analytical Network Process

(ANP) sehingga dihasilkan strategi prioritas yaitu mengoptimalkan stimulus dana

dari pemerintah untuk dimanfaatkan dalam perbaikkan sistem permodalan dan

pengadaan alat teknologi digital pada UMKM Kerajinan Purun.

Kata kunci: Pandemi Covid-19,UMKM, Pengembangan Pemasaran,

Strategi, Matriks TOWS, Analytical Network Process (ANP).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI