DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Pengembangan Strategi Pemasaran pada UMKM Terdampak Covid-19 dengan Metode TOWS ( Threats,Opportunities,Weakness,Strengths) dan ANP (Analytical Network Process) di Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan | |
PENGARANG | : | ABDILLAH HUSEN | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-01-14 |
Abdillah Husen, Pengembangan Strategi Pemasaran Pada UMKM Terdampak
Covid-19 dengan Metode TOWS (Threats Opportunities Weakness, Strengths) dan
ANP (Analytical Network Process) Di Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan
Selatan, dibimbing Dr.Ir.Arief RM Akbar,M.Si.,IPU dan Alan Dwi Wibowo,
S.T.P., MT.
Perubahan lingkungan bisnis dimasa pandemi Covid-19 menuntut pelaku
bisnis untuk bisa bertahan dalam persaingan usaha. Persaingan dengan banyaknya
produk sejenis serta permasalahan pandemi Covid-19 saat ini, menjadikan pelaku
usaha perlu mengembangkan strategi pemasaran yang tepat agar usaha dapat tetap
bertahan dan terus berkembang di tengah masa pandemi. Salah satu dari beberapa
jenis UMKM di Kota Banjarbaru yang menjadi usaha unggulan atau produk
unggulan dan sangat terdampak dengan adanya pandemi Covid-19 yaitu adalah
UMKM Kerajinan Purun. Oleh karena itu, dalam upaya mengembangkan strategi
pemasaran dimasa pandemi, pelaku usaha perlu mengetahui suatu strategi yang
tepat. Ada tiga tujuan dalam penelitian ini yakni mengidentifikasi ancaman,
peluang, kelemahan dan kekuatan UMKM Kerajinan Purun di Kota Banjarbaru
selama masa dan pasca pandemi Covid-19, merumuskan alternatif perencanaan
strategi serta menentukan prioritas strategi pengembangan pemasaran. Dalam
menentukan strategi dilakukan identifikasi lingkungan eksternal dan internal yang
mencakup ancaman, peluang, kelemahan dan kekuatan berdasarkan faktor-faktor
pengembangan pemasaran dari aspek ekonomi, sosial budaya dan lingkungan. Hasil
dari identifikasi lingkungan eksternal dan internal selanjutnya dianalisis
menggunakan matriks IFE, matriks EFE, matriks IE dan matriks TOWS. Untuk
menentukan strategi prioritas digunakan metode Analytical Network Process
(ANP) sehingga dihasilkan strategi prioritas yaitu mengoptimalkan stimulus dana
dari pemerintah untuk dimanfaatkan dalam perbaikkan sistem permodalan dan
pengadaan alat teknologi digital pada UMKM Kerajinan Purun.
Kata kunci: Pandemi Covid-19,UMKM, Pengembangan Pemasaran,
Strategi, Matriks TOWS, Analytical Network Process (ANP).
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI