DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pengguna Angkutan Trans Banjarmasin di Kota Banjarmasin
PENGARANG:MAHDALENA ANASTASIA. T
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-17


ABSTRAK

Mahdalena Anastasia T (1710413220015: 2021): “ Hubungan Pelayanan Prima terhadap Kepuasan Pengguna Angkutan Trans Banjarmasin di Kota Banjarmasin ”.Dibawah bimbingan Drs. H. Apriansyah, M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengalisis Hubungan Pelayanan Prima terhadap Kepuasan Pengguna Angkutan Trans Banjarmasin di Kota Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif dan yang menjadi informan adalah pengguna angkutan Trans Banjarmasin, penelitian ini mengambil sampel sebanyak 50 orang, penelitian dilakukan secara sengaja (purposive), penggunaan metode ini dilakukan atas dasar pertimbangan intensitas pengguna angkutan Trans Banjarmasin sebanyak 3 (tiga) kali. Maka dengan menggunakan teknik kuesioner dengan 23 pertanyaan kemudian data dianalisis bedasarkan 2 variabel yaitu Pelayanan Prima dan Kepuasan Pengguna. Teknik analisis dengan penskoran, analisis parsial, tabulasi silang dan analisis total lalu hasil diuraikan secara deskriptif.

            Hasil penelitian berdasarkan indikator kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan, dan tangungjawab berada pada nilai total skor dari jawaban 50 responden, maka dapat diketahui bahwa berdasarkan Variabel Pelayanan Prima dengan skor 1161 masuk pada kategori Tinggi (berada pada interval 1126 s.d. 1500) dan berdasarkan indikator kepuasan pelanggan keseluruhan, dimensi kepuasan pelanggan, konfirmasi harapan, minat pembelian ulang, kesediaan untuk merekomendasikan, dan ketidakpuasan pelanggan terhadap kepuasan pengguna angkutan Trans Banjarmasin berada pada nilai total skor dari jawaban 50 responden, maka dapat diketahui bahwa berdasarkan Variabel Kepuasan Pengguna dengan skor 752 masuk pada kategori Tinggi (berada pada interval 601 s.d. 800).

            Saran kepada pemerintah untuk memberikan edukasi ataupun sosialisasi kepada masyarakat dalam memperkenalkan Angkutan Trans Banjarmasin. Melalui Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin agar Angkutan Trans Banjarmasin dapat memberikan keyakinan kepada penumpang agar kedepannya memberikan kepuasan kepada para penumpang pengguna jasa transportasi.

 

Kata Kunci : Pelayanan Prima, Kepuasan Pelanggan, Kemampuan, Sikap, Konfirmasi Harapan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI